Thursday, April 9, 2015

Kenapa Saya mengalami Psikosomatis

Banyak teman-teman sulit menjelaskan penyakitnya kepada orang sekitar kita, sehingga banyak orang sekitar kita yang menganggap remeh penyakit ini, oleh sebab setiap kedokter, dikatakan tidak apa-apa dan hanya penyakit maag, oleh sebab tidak banyak dokter yang paham dengan penyakit kita dari sisi psikis, paradigma penyakit maag dianggap sepele dimasyarakat sangat umum sudah ada sejak dari dulu, jangan heran banyak istilah mengatakan "Ah itu hanya sakit maag saja", disini poin pentingnya bagaimana kita mengubah pandangan itu, saya berikan sedikit tips awam untuk menjelaskan penyakit ini kepada orang sekitar kita, sesuai dengan apa yang sering saya jelaskan ke orang-orang yang tidak pernah menderita penyakit ini. Point pentingnya adalah kita tidak hanya mengalami penyakit lambung tapi juga anxiety dan psikosomatis, jadi keluhan kita tumpang tindih.
Kita umumnya mengalami anxiety atau kecemasan berlebih dan psikosomatis atau gangguan fisik akibat psikis oleh sebab stress berkepanjangan ataupun trauma, sehingga kadang mengalami kondisi reflux, atau naiknya asam lambung ke kerongkongan, hal ini menyebabkan keluhan seperti mau pingsan, sulit bernafas, dada nyeri, jantung berdetak kencang, nyesak, kepala kliyengan dan seperti mau oleng, sehingga terkena serangan panik ketakutan dan kondisi ini akan memperburuk kondisi kecemasan kita. Keluhan kita beraneka ragam akibat psikosomatis, ini terjadi akibat stress berkepanjangan yang tidak dikelola dengan baik sehingga mempengaruhi keseimbangan zat kimiawi otak kita dan menyebabkan gangguan pada kinerja saraf otonom atau saraf tidak sadar, saya selalu ibaratkan seperti ini, saraf manusia terbagi 2 macam, saraf otonom dan saraf motorik, saraf motorik adalah saraf sadar, contohnya saat kita menggerakkan jari, kaki, tangan, dll dan saraf otonom adalah saraf tidak sadar terbagi atas 2 macam saraf simpatik dan parasimpatik, yang bekerja bersama-sama untuk mempertahankan homeostasis atau keseimbangan tubuh, fungsi utama dari sistem saraf simpatik adalah untuk mengaktifkan respon tubuh dalam keadaan tertekan atas bahaya (cemas, panik, stress), dan saraf ini mengontrol fungsi dari mata, paru-paru, ginjal, saluran pencernaan, hati, dll sehingga saat aktif akan mempengaruhi fungsi dari organ-organ tersebut. Contohnya saat kita dikagetkan maka jantung kita berdebar-debar kencang, ini saraf simpatis bereaksi dan meresponnya tanpa bisa kita kendalikan detak jantungnya sampai kita ada pada posisi tenang kembali. Sedangkan saraf parasimpatik adalah kebalikan dari saraf simpatik bekerja saat tubuh sedang istirahat dan mencerna, contoh saat kita tenang santai, rileks maka jantung kita akan berdetak melambat, jadi cara kerja kedua saraf ini berlawanan tapi bekerja bersama-sama, pada saat saraf simpatik aktif maka parasimpatik akan aktif juga, tergantung mana yang dominan maka tubuh akan bereaksi. Kalau kita semua paham atas kerja dari saraf otonom maka kita akan mudah menjelaskannya, secara awam saya sering menjelaskan sebagai berikut, poin penting diatas penyebab dari semua ini adalah akibat stress, trauma, cemas dan ini semua adalah bentuk tekanan, sehingga saraf simpatis kita akan selalu merespon perasaan itu, semakin besar tekanan itu maka semakin membuat aktifitas saraf ini semakin berlebihan dan reaksi tubuh juga akan berlebihan, nah teman-teman sudah paham kan, kenapa kita sering mengalami gejala yang berpindah-pindah dan apabila di lakukan cek medis tidak akan ditemukan masalah. Unruk masalah asam lambung terkoneksi dengan saraf vagus bagian dari saraf parasimpatik, yang bertugas untuk mengeluarkan asam lambung.
Bagaimana kita bisa sembuh dari gangguan ini? saya sering menjelaskan sesederhana mungkin, kembali lagi point saraf otonom atau saraf tidak sadar, pikiran manusia terbagi atas 2 macam, pikiran sadar dan pikiran tidak sadar, artinya sesederhana mungkin kita ibaratkan kalau saraf otonom dipengaruhi sama pikiran tidak sadar atau alam bawah sadar kita, bahasa awamnya pikiran dalam hati kita, nah otak sadar kita bisa berbohong saya contohkan saat kita di sapa orang, "hai, kabarmu gimana?" kita bisa menjawab "baik-baik saja, sehat", tapi didalam alam bawah sadar kita akan menjawab "saya tidak baik-baik saja, saya ini sakit, saya bisa kambuh kapan saja" artinya alam bawah sadar kita tidak bisa berbohong, nah pertanyaannya kedua pikiran ini berbeda dalam memberikan jawaban, yang pikiran sadar kita bisa berkata baik-baik saja tapi pikiran alam bawah sadar berkata sebaliknya, pertanyaannya apa hubungannya sama saraf otonom, sangat jelas kalau alam bawah sadar kita sedang tertekan, ketakukan, cemas tanpa kita sadari...dari penjelasan ini teman-teman sudah paham kan.
Ada lagi pertanyaan lainnya kenapa kita serentan itu, semua orang pasti punya pikiran tekanan didalam alam bawah sadarnya, kenapa semua orang tidak sakit? nah disini penjelasannya awamnya, manusia itu punya pertahanan, apabila pertahanan itu tidak mampu lagi bertahan maka akan terjadi gangguan pada keseimbangan jiwa kita, stress atau trauma akan mengambil pertahanan itu sedikit demi sedikit atau langsung banyak, kita anggap saja pertahanan kita ada 100, karena tekanan berkepanjangan maka pertahanan ini berkurang sampai pada titik terendahnya, sehingga tugas kita adalah memperbaiki pertahanan itu, dengan mulai menghilangkan stress-stress tersebut, berpikir positif, mengimbangi stress dengan kegiatan yang menyenangkan untuk mengembalikan pertahanan tersebut, jangan heran banyak yang kambuh kembali tiba-tiba, karena pertahanan mereka kembali sampai titik terendah lagi, ini yang sering saya katakan kita harus berusaha mengontrolnya jangan sampai pertahanan itu jebol kembali. Semoga penjelasan sederhana ini mudah dipahami agar kita dapat memberikan penjelasan kepada orang sekitar kita, Semoga Allah memberikan kita semua kesembuhan.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  15 comments:

  1. Stlh 2012, apkh mas chiko mnglmi kekmbuhan lg smpi saat in n tips ny ap nih ???

    ReplyDelete
  2. fathulloh, Alhamdulillah tidak pernah lagi alami kekambuhan, tipsnya banyak sudah saya tulis di blog ini atau kamu silahkan gabung digroup fb

    ReplyDelete
  3. Mas chiko, apakah kecapekan bisa membuat anxie kambuh? Saya sering kambuh datang saat kecapekan. Uluhati gak nyaman berdebar2 gelisah dan kliyengan. Jadi timbul fikiran apakah gara2 jantung ato memang benar2 anxie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kecapekan bisa buat kambuh, latih dengan olahraga ringan setiap pagi...

      Delete
  4. Saya sampai tiap hari minum kunyit, tapi terkadang kecemasan ini sering menyerang kembali Pak Chiko... oiya, salam kenal Pak...

    Yang saya alami persis sama, plus ditambah sudah tidur lelap, pasti selalu terbangun... Juga sering sekali saya merasa lapar atau keroncongan, tapi berat badan ga nambah2 juga...

    ReplyDelete
  5. Salam kenal bro, saya mau tanya juga mi bro, saya baru baru ini kena gerd sampai dirawat d rs 4 hari gejalanya sama apa yg ada di blog yg bro tulis, namun saat ini udah mendingan hanya posisinya saya masih sering panik tau tau lemes sendiri pokoknya percis yg kaya bro tulis dah, cuma saya masih blom bisa kontrol stress saya bro, gimana ya bro solusinya ?? Thx bgt bro blognya bermanfaat bgt buat saya

    ReplyDelete
  6. Mas, saya masih bingung dengan penyakit saya. Karena Ayah saya selalu berkeyakinan apabila saya sedang kambuh semua berasal dari magh. Tapi setelah saya cari tau akhirnya ketemu blog ini, memang ketika saya telaah lagi. Sebelum saya mengalami kejang beberapa hari sebelumnya saya merasa sakit ulu hati,dll kemudin setelah itu saya mudah sekali tersinggung dan bersamaan dengan itu ada beberapa hal yang membuat saya kesal dan ketika pada titik sudah tidak tahan lagi saya merasakan sakit kepala yabg sangat dan membuat kejang dengan setengah sadar kemudian pingsan, kemarin saya kambuh diperjalanan menuju tempat kkn, sempat dirawat beberapa jam di igd klinik dan dokternya berpesan kalo ada masalah jangan ditahan nanti jadi kejang. Setelah itu saya diperiksa lagi di klinik di sukabumi kata dokternya tidak apa-apa tapi percanaannya baik, sistem kerja syaraf nya jg baik2 saja, kejang bisa disebabkan karena demam karena saya bilang beberapa hari yang lalu saya minum obat paracetamol, dokter juga bilang belum tentu epilepsi tapi memang ada riwayat epilepsi dari keluarga tapi saya tidak ada riwayat kejang saat kecil hanya sekitar 4tahun kebelakang setelah saya sakit beberapa bulan karena tipus, maagh, sebenanya saya sudah tidak nyaman dengan keadaan seperti ini sangat mengganggu sekali dan menghambat aktivitas saya mas, saya terus mencari saya sakit apa hingga indikasi skizofernia, epilepsi, tumor otak, selalu saya gali informasinya membuat saya menduga-duga terkena salah satu dari itu. Saya bingung harus berobat kemana karena melihat biaya juga, tapi satu2nya yang belum saya kunjungi adalah psikiater..

    ReplyDelete
  7. Salam kenal mas chico..
    Sy mau tny apakah penderita gerd selalu sesak napas setiap hari hidung mampet dan selalu takut mati saat sesak datang .

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mas chico..
    Sy mau tny apakah penderita gerd selalu sesak napas setiap hari hidung mampet dan selalu takut mati saat sesak datang .

    ReplyDelete
  9. Salam kenal mas chico
    Apakah gerd itu selalu sesak, begah, rasanya ga plong dan berat saat bernapas sampe2 rasanya takut mati tiap hari selalu sedih mikirin sakit sesak sangat menyiksa .

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mas chico..
    Sy mau tny apakah penderita gerd selalu sesak napas setiap hari hidung mampet dan selalu takut mati saat sesak datang .

    ReplyDelete
  11. POKERPAIR88.ME buat yang mau main Poker Online, Live Poker, Domino Qiu-Qiu, Bandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun. Minimal deposit dan withdraw 10 ribu. Proses Depo WD super cepat. BBM : 7B1D03C3 , Line : pairbet

    BOCA88.COM : Judi Bola (Sportsbook), Casino Online (Baccarat, Roulette, Sicbo & Rolling Ball), Keno, Sabung Ayam (Cock Fight) dan 3D Game. Minimal deposit dan withdraw 10 ribu. Proses Depo WD super cepat BBM : D3CC11C5 , Line : Gaple28 , WA : 081267595721

    ReplyDelete
  12. Pendekatan yg bisa digunakan untuk mengatasi gangguan psikosomatik adalah denga pendekatan psikis (holistic) melalui terapi hipnoterapi dan pendekatan fisik melalui suplemen (A POWDER).
    Hipnoterapi bertugas memotivasi klien untuk kembali pada kualitas kepercayaan dirinya kembali sehingga berimbas pada keseimbangan holistic.
    A POWDER bertugas sebagai stimulator yang berfungai sebagai tonikum yang menguatkan lambung..konsultasi 085316281711

    ReplyDelete
  13. Iya mbak sya mengalami itu, tapi sya berusaha berfikir positif aja. Dan tarik nafas dalam2. 4 tahun lalu sya mngidap maag akut smpai mnjadi gerd. Dri sana sya mulai sering berfikir dan meramal "kayaknya aku mati dah ni" tapi ya nyatanya nggak. Itu pengaruh asam lambung naik ke kerongkongan dan mnyebabkan gangguan psikis. Sya juga sering hdung mampet smpe skrg

    ReplyDelete

Popular Posts