Saturday, January 24, 2015

Diskusi GERD dan Tenggorokan (Dr Anggoro Eka Raditya)

Berikut saya rangkumkan tanya jawab tentang masalah tenggorokan akibat asam lambung reflux, dengan Dr Anggoro Eka Raditya, spesialis THT, rumah sakit Dr Sardjito Yogyakarta, bagian poli THT.

Dhevi Widii A:
Salam kenal dok.Untuk mengetahui seberapa kerusakan kerongkongan dilakukan tindakan apa dok? laringoskopi kan ya? atau kah hanya endoskopi saja mengingat ini karna masalah asam lambung. Saya mengalami keluhan bermacam2, terutama yg sangat menggangu adalah masalah tenggrokan. Tenggrokan saya mengganjal 24jam sudah 20bln ini, Bahkan sampai terasa menutupi telinga kanan. Kdg panas tggrokan, suara serak, nyeri smpek migren, tggrokan berdahak/berlendir. Saya takut kalau ada apa2 di tenggrokan saya karana keluhan sudah sebegininya. Terima kasih dok.

Anggoro Eka Raditya:
Untuk mengetahui kondisi laringofaring dengan pemeriksaan laringofaringoskopi ya biasanya bisa dgn laringoskopi saja. Itu bs pk kaca kecil masuk mulut ataupun dgn endoskopi yang masuknya dari hidung. Telinga, hidung, faring, laring itu saling berhubungan. Refluks asam itu bisa ke atas ke pangkal hidung dan kemudian bisa mengiritasi pintu ke telinga (muncul gangguan telinga) dan bisa juga ke depan sehingga sampai hidung. Asam itu sifatnya iritatif atau mengiritasi jadi sampainya asam di hidung bisa juga menyebabkan gangguan pada hidung dan bisa seperti sinusitis.
=======================

Febri Yusrina:
Slm knl dokterAnggoro Eka Raditya sy sering skali skt tenggorokan.skit menelan,di pangkal tenggorokan seperti ada benjolan kcil2 sprti jrawat.sy pny amandel jg.d sekitarny kemerahan.dan tenggorokan jg berlendir sperti dahak.apa bs itu d katakan LPR?trima ksh.

Anggoro Eka Raditya:
Adanya benjolan kecil2 di tenggorokan itu bisa menandakan adanya peradangan yang lama pada dinding tenggorokan. Sepertinya perlu dilihat oleh dokter tht utk memastikannya. Tenggorokan berlendir yang menyertai amandel yang radang kronis bisa jadi akibat peradangan di amandel dan itu juga bisa disebabkan oleh LPRD ataupun infeksi di amandelnya.
=======================

Eqie Eta Kirana:
Kalau tenggorokan sakit, trus ada benjolan kecil di tenggorokan bagian kanan kalau ditekan agak sakit. Dan mulut jd ga enak dan jd ada beberapa tempat sariawan. Itu gmn dok?

Anggoro Eka Raditya:
Kalau tenggorokan sakit, trus ada benjolan kecil di tenggorokan bagian kanan kalau ditekan agak sakit. Dan mulut jd ga enak dan jd ada beberapa tempat sariawan. Itu bisa merupakan tanda adanya keasaman di tenggorokan di mulut. Keasaman dapat mengiritasi dinding dalam mulut dan menyebabkan luka. Sehingga bs menimbulkan gejala nyeri ataupun sariawan (luka)
=======================

Earlia Natalie;
Iya bener Chiko Safaraz Maksudnya Saya Klo ada yang tanya soal Keluhan ke doctor tanya juga cara mengatasi nya gimana .. Dan mungkin Sebelum tanya akan ada baiknya baca dulu semuanya .. Agar pertanyaan nya Tidak sama.

Anggoro Eka Raditya:
Penanganan LPRD adalah dengan mengurangi keasamannya dan berdasarkan penelitian yang bagus adalah dengan PPI + modifikasi gaya hidup (mengurangi makanan asam dan mengurangi resiko refluksnya asam lambung). Salah satu tindakan mengurangi asam lambung adalah usahakan ada jeda antara makan dan tidur. Trus usahakan jangan makan terlalu kenyang.

Anggoro Eka Radity:
Makanan yang asam selain dari tabel yang dikirim Earlia Natalie secara mudahnya bisa dengan mengidentifikasinya dengan rasa asam (kecut). Pedas itu juga sebaiknya dikurangi karena mengiritasi.

Anggoro Eka Raditya:
Jeruk itu asam ya buat amannya saja saya usul bila minum atau makan jeruk sebaiknya tidak saat perut kosong. Ya bersama roti misalnya.

Anggoro Eka Raditya:
Lambung dan esofagus itu punya daya tahan terhadap asam tapi laring dan faring itu tidak kuat terhadap asam. Jadi sebaiknya bila sedang menderita LPRD mengurangi asam seperti jeruk, strawberry, dan yang kecut lainnya serta yang pedes. Kalau pingin makan itu sebaiknya segera minum air putih saja minimal biar keasamannya tidak terlalu lama di mulut dan laring faring. Kalau mau ketemu saya, sementara di Sardjito senin sampai jum'at pukul 10 - 15. Ndaftar di pendaftaran ke poli THT. Nanti di poli THT bilang sama perawatnya kalau mau sama saya.

Anggoro Eka Raditya:
Lemon kan kecut atau asam. Ya biar amannya ditambahi asupan lain ya misalnya madu itu. Tp kl selama ini minum lemon tidak ada masalah ya dilanjut aja gpp.

Anggoro Eka Raditya:
Biar tidak refluks cara mengontrolnya dengan mengurangi faktor risikonya. Refluks itu bisa terjadi karena tingginya keasaman di lambung. Jadi ya kalau bs mengurangi keasaman di lambung. Selain dari lambung, keasaman di laring faring bisa terjadi karena tingginya keasaman di mulut. Jadi kebersihan mulut bs dijaga juga.
=======================

Lenny Haryanti:
Btw dok Anggoro: saya udh gk makan gorengan.. Apalagi yg pedes.. Buah2an saya ckp.. Sayuran saya ckp.. Tpi setiap sikat gigi saya berdarah.. Apa karena gigi berlubang.. Ato krn terlalu keras pas sikat gigi spwrti kata Earlia Natalie bilang.. Trus gigi saya jg suka ngilu2 gt.. Kbtulan saya jg lgi PMS ini dok apa pengaruh juga.. ^_*

Anggoro Eka Raditya:
Gusi berdarah itu tanda bahwa pembuluh darah di gusi kurang kuat menampung darah yang ada didalamnya. Penyebabnya bisa karena dinding pembuluh darahnya kurang kuat. Ya kalau menurut ilmu yang saya fahami, untuk memperkuat pembuluh darah butuh protein, vit A, vit C, kalsium. Ya disini yang bisa saya usulkan adalah daging, sayur dan buah.

Anggoro Eka Radity:
Kalau sedang menstruasi memang mempengaruhi hormon dan itu juga mempengaruhi juga pembuluh darah. Jadi ya selain asupun makanan bisa juga karena pengaruh hormonal terjadi gusi berdarah. Tp kl gusi berdarah disertai demam, itu waspada infeksi demam berdarah jadi ya sebaiknya diperiksakan saja biar lebih pasti
=======================

Edwin Ramadhan Papana Zakkel:
dokter Anggoro,tenggrookan saya terasa tercekik,sekitar 6bulan yg lalu saya pernah periksakan ke Tht,dgn kaca yg dimasukkan ke dalam mulut,disimpulkan bahwa daerah dekat pita suara saya membengkak n memerah warnanya,akibat aslam,apakah itu bahaya dokter??n apa yg hrs saya lakukan agar rasa tercekik ini bisa hilang?

Anggoro Eka Raditya:
Tenggorokan seperti tercekik dan setelah diperiksa dengan laringoskop indirek (kaca yang dimasukkan mulut) menunjukkan karena asam lambung, itu yang dinamakan LPRD. LPRD bila ditangani dengan baik tidak berbahaya. Terapinya : PPI + modifikasi gaya hidup + pasrah menyerahkan diri kepada Tuhan.
=======================

Rahibal II:
Saya ada pertanyaan nih, keadaan tenggorokan saya bisa dikatakan sudah baik karena sudah tidak ada rasa mengganjal seperti dulu-dulu, tapi aku kesulitan ketika minum Pak Dokter, selalu muncul bunyi glek glek, walaupun saya sudah berusaha tapi Tetep saja ada suara seperti itu, eh dama ada satu lagi nih, kenapa bagian tenggorokan saya ketika saya tekan atau saya cekik langsung batuk padahal pelan dan tidak terlalu keras, mohon penjelasan nya Dokter Terimakasih

Anggoro Eka Raditya:
Suara glek2 saat minum sepertinya bukan suatu jal yang berbahaya. Asal masih bisa menelan makanan dan minuman biarkan saja. Kalau tidak nyaman baru diperiksakan saja.
=======================

Ryo Chyaril Che'ugalugalan:
Dokter Anggoro Eka RadityaKalo saya sakit nyeri tenggorokan dan uluh hati menjelang malam dok sampai pagi hari itu rutin setiap hari.. Tenghorokan rasa nya panas..saya juga lagi terapi PPI dok.. Ada solusi lain

Anggoro Eka Raditya:
Adanya nyeri tenggorokan menandakan adanya peradangan di tenggorokan (called faringitis). Penyebab faringitis adalah benda atau zat yanf menyebabkan luka dan iritasi dinding faring. Adanya nyeri ulu hati itu bisa pertanda lambung yang radang (maag) ataupun bisa juga karena masalah di otot luarnya bukan di lambung. Ya sebaiknya diperiksakan saja untuk memastikan diagnosis. Periksanya ke dokter penyakit dalam dan tht.
=======================

Edwin Ramadhan Papana Zakkel:
berarti saya hrs minum ppi ƪά̲̣ƍϊ gitu ya dok?

Anggoro Eka Raditya:
@Edwin Ramadhan Papana Zakkel, Minum ppi hanya salah satu solusi. Sebaiknya ditambahi dengan modifikasi gaya hidup termasuk pola dan menu makanan. Selain itu juga ditambahi kepasrahan kepad Tuhan Yang Maha Kuasa. Hanya Dia lah Yang Maha Kuasa untuk menyembuhkan
=======================

Ryo Chyaril Che'ugalugalan:
Saya sudah terapi PPI dokter Anggoro Eka Raditya lebih dr 2 smnjak kluar dr rs tp stiap mlam.. Smpai pagi tenggorokan dan uluh hati nyeri dan terasa panas.. Untuk diagnosa saya dituliskan GERD,Gastristis..

Anggoro Eka Raditya:
Maaf kepencet.....saya mau bilang sebaiknya Mas Ryo periksa lagi saja untuk dievaluasi lagi. Kalau mmg masih karena asam lambung berarti masih ada faktor risiko meningkatnya asam lambung yang belum terkendalikan.
=======================

Chiko Safaraz:
Dokter saya repost ulang, ini agak penting, mungkin rekan2 disini perlu tahu, tentang keamanan ppi dalam jangka panjang, saya selalu sosialisasi tentang keamanan obat ini, tapi pemikiran awam tentang ketakutan ginjal, kerusakan hati, dll..membuat banyak yg stop mendadak tanpa konsultasi dengan dokter, padahal masih dalam kondisi asam lambung yang sering reflux..

Anggoro Eka Raditya:
Terapi obat LPRD sesuai prosedur yang kami pakai adalah dengan PPI (kami biasanya pakai lanzoprazole 2x1 tab, kl GERD cukup 1x1) selama 3 bulan. PPI termasuk aman tapi memang ada efek samping yang perlu diwaspadai yaitu mual, perut tidak nyaman, dizziness. Tp sebaiknya kontrol rutin tiap 1-2 minggu untuk dilakukan evaluasi reaksi pada penderita oleh dokter yang memberi terapi. Sebaiknya dikomunikasikab 2 arah antara dokter dan penderita selama terapi

Anggoro Eka Raditya:
Eh ya ada yang kelupaan. Terapi PPI 3 bulan itu tidak harus 3 bulan. Bila dalam 4-6 minggu ada perbaikan bisa distop. Tp dokter yang menghentikan. Itulah alasan perlunya sering kontrol ke dokter yang menangani LPRD tiap 1-2 minggu. Itu kalau saya yang meriksa.
=======================

Dhevi Widii A:
Dok, saya mengalami ganjal tggrokan 24jam sdh 20bln. Skrg kluhan tggrokan jd bertambah pas hamil. Sya blm periksa lg ke tht. Apakah ppi aman utk ibu hamil? Saya takut dg tggrokan saya yg sdh bgini lamanya.

Anggoro Eka Raditya:
Untuk ibu hamil memang beresiko terjadi refluks karena lambung dan pencernaannya tertekan oleh janin. Kalau saya, untuk ibu hamil dengam lprd dengan banyak minum saja dan makan jangan banyak2 agak lambung tidak penuh. Lebih baik sedikit tapi sering.
=======================

Lisa Fitri Semut:
Dok saya mau nanya tahun 2013 saya pernah cek gondok di leher saya lalu hasilnya menyebutkan aku sakit "strauma nedusa non toxic" apa harus di operasi dok?

Anggoro Eka Raditya:
Struma nodusa non toxic bisa tidak dioperasi. Dioperasi jika ada pertumbuhan benjolan yang cepat, pertumbuhan benjolan yang mengganggu pernafasan, dan menggangu saluran makan. Tapu bisa dioperasi bila penderita merasa risih dengan benjolan di lehernya (kosnetik)

Anggoro Eka Raditya:
Ya tidak dioperasi tidak apa2 asal tidak ada pertumbuhan benjolan, tidak ada gangguan nafas, tisak ada gangguan makan dan minum.
=======================

Evie Zuai Riyah:
aku mau nanya nih dok. . .kalau anak amandel udah lama tapi si anak makan dan tidur biasa paling kalau flu panas badan naik haruskah di operasi dok?

Anggoro Eka Raditya:
Amandel dioperasi hanya bila ada gejala dan tanda menyumbat jalan nafas, mengganggu menelan makanan, dan sering kambuh sehingga mengganggu aktifitas harian.
=======================

Arin Arinsa:
struma nodusa non toxic dg kelenjar getah bening apakah sama??? mohon share pak dokter .. matuurrnuwun..

Anggoro Eka Raditya Struma nodusa non toxic itu pembesaran kelenjar tiroid.

=======================

Mandasai-api Khasani Senang:
Sya da2 sring pns dok prut kmbung serng sndawa gmna dok?

Anggoro Eka Raditya:
Dada panas, sesak, dan sendawa itu ada kemungkinan adanya tanda refluks asam lambung ke esofagus. Kalau ada tambah tanda perubahan suara berarti mengarah ke adanya LPRD.
=======================

Mandasai-api Khasani Senang:
Trmsss dok LPRD tu apa dok,,?

Anggoro Eka Raditya:
LPRD itu lanjutan GERD. Kalau GERD itu kembalinya aliran asam lambung dari lambung ke esofagus. Kalau LPRD itu asam lambungnya ke atas lagi sehingga ke tenggorokan (bag lring faring) dan pita suara
=======================

Apa pengertian LES

Anggoro Eka Raditya:
Eh ya saya mau klarifikasi apa yang dimaksud dengan LES? Atau apa singkatan LES? Kalau yang dimaksud LES adalah Lower Esophageal Spincter? Lowe Esophageal Spincter adalah penyempitan esofagus di bagian bawah, batas dengan gaster (lambung). Jd LES itu bukan suatu penyakit kalau artinya itu tapi bagian normal dari esofagus. Kalau yang menjadi faktor terjadinya GERD itu namanya disfungsi LES. LES yang sudah tidak dapat menutup atau longgar. Adanya LES yang longgar itu menyebabkan peningkatan resiko terjadinya GERD.....

Anggoro Eka Raditya:
Jadi kalau menurut yang saya fahami, adanya GERD didahului adanya LES yang tidak bisa menutup. Nah yang jadi masalah adalah kenapa LES bisa longgar. LES longgar itu bisa karena tekanan dari esofagus yang tinggi misalnya terlalu banyak gas, terlalu banyak makanan, ataupun kurangnya nutrisi pendukung kontraksi LES. Otot kontraksi itu karena adanya eksekusi kalsium jadi mungkin perlu juga asupan kalsium. Kemungkinan lain adalah adanya masalah saraf di daerah LES nah ini perlu adanya asupan vit B kompleks. Nah maaf bukan maksud saya promosi gila paten tp saya melihat ada vitamin yang mengandung vit b komleks dan kalsium seperti becom-C dari Sanbe, dan becefort dari Phapros. Tp kl saya mengharapkan yang alami saja misalnya sayuran dan buah2an. Cuma ada pertanyaan buat saya. Bagaimana kandungan pestisida pada sayuran dan buah2an yang kita konsumsi? Nah ini saya berharap masukan dari teman2.
=======================

Anggoro Eka Raditya:
Grup ini menarik buat saya. Banyak hal yang masih perlu saya pelajari terutama terapi alternatif dan terapi makanan (sayur). Menurut yang saya fahami, LPR dan GERD itu tidak disembuhkan oleh obat2 an. PPI yang diberikan itu tujuannya hanyalah mengurangi asam lambung. Dengan berkurangnya asam lambung, maka iritasi ke lambung, esofagus, dan laringfaring akan berkurang. Dengan berkurangnya iritasi, maka diharapkan mukosa lambung, esofagus, dan laringfaring melakukan penyembuhan alami. Jadi disini masih diperlukan beberapa asupan nutrisi untuk membantu penyembuhan mukosa. Penyembuhan mukosa itu butuh waktu dan tubuh diberikan waktu oleh dokter tht selama 3 bulan.
=======================

Yolan Sharlina Yuliasari:
Dokter... nutrisi paling baik untuk penyembuhan mukosa itu contohnya apa ya dok?

Anggoro Eka Raditya:
Nah itu yang mau saya cari. Mungkin malah teman2 yang lebih memahami dari beberapa ahli herbal dan ahli gizi. Tp logikanya adalah 1. Beraifat basa karena membantu menjaga agar tidak asam, 2. Ada zinc sebagai unsur yang membantu penyembuhan mukosa. 3. Vit A, C, E yang merupakan antioksidan. 4. Nah saya menilai sepertinya lemak dan protein perlu juga untuk proses perbaikan mukosa.

Anggoro Eka Raditya:
Dinding sel itu terdiri dari lemak san protein jd logikanya perlu juga asupan lemak dan protein.
=======================

Yuni Pratiwi S:
Contoh sayuran atau buah yg banyak mengandung zinc apa saja pak?

Anggoro Eka Raditya:
Mari kita cari bersama sama. Sementara dari lireratur yang saya dapat, zinc itu banyak di kacang2 an, misalnya kedelai. Jadi tidak ada salahnya makan atau minum produk olahan kedelai, seperti tempe. Ini sudah direkomendasikan Prof Yati Sp.Anak untuk penanganan diare pada anak. Selain itu zinc juga ada dalam bentuk suplemen.
=======================

Rahibal II:
Lemak dan protein yang paling banyak terdapat pada hewani sedang yang hewani kebanyakan bersifat asam di lambung, lalu bagaimana caranya agar asupan lemak dan protein bisa tersalurkan Dok? apakah harus menggunakan kombinasi dengan bantuan herbal atau menggunakan Obat-obatan medic agar aman di Konsumsi mohon pencerahan nya Dokter Terimakasih

Anggoro Eka Raditya:
Menurut saya mungkin kombinasinya. Kalau protein hewani asam, mungkin bisa dikombinasi dengan sayur. Nah makanya kombinasi menu steak itu sepertinya bagus deh. Selain daging, ada sayuran yang berfungsi sebagai penetralnya. Trus minumnya bisa jus buah misalnya jus semangka, melon gitu. Wah ni sebaiknya ahli gizi yang komentar. Hehehe

Anggoro Eka Raditya
Iya setuju dengan Bang Chiko Safaraz. PPI memang hanya berfungsi menurunkan asam lambung. Nah kalau sayur itu juga basa berarti sinergi dalam penurunan asam. Nah asupan nutrisi dibutuhkan utk mempercepat penyembuhan mukosa atau dinding lambung, esofagus, dan laringfaring. Itu lah yang sedang saya cari.

Anggoro Eka Raditya:
Serat dalam sayur itu fungsinya adalah membantu fungsi pencernaan. Sayuran setelah sampai lambung sudah menjadi halus setelah dikunyah dalam mulut dan hancur akibat gerakan peristaltik esofagus. Ditambah lagi adanya enzim2 pencernaan yang mengurai makanan yang ada.

Anggoro Eka Raditya:
Nah masalah yogurt dan kefir baik untuk asam lambung, sepertinya perlu dilihat bagaimana penelitiannya. Maaf saya belum sempat membaca karena dalam study THT saya saat ini banyak yang dibahas jadi belum fokus ke Aslam. Mohon maaf keterbatasannya. Ya insya Allah mulai April saya akan mulai membaca lebih lanjut tentang kontroversi Asam Lambung.

Anggoro Eka Raditya:
Saya malah minta tolong kalau selama googling menemukan literatur terapi alternatif non medis bisa dikirim ke saya untuk saya pelajari dan kita diskusikan disini.

Anggoro Eka Raditya:
Ok good....menarik untuk dikaji ini referensi yang menyatakan jus buah sebaiknya tidak diminum setelah dan saat makan. Saya td bilang jus buah setelah makan karena dengan harapan menetralkan keasaman dari protein hewani. Nah referensi yang menyatakan protein hewani lebih asam, sepertinya juga perlu dikaji. Dikaji itu maksudnya dievaluasi konteksnya dan tujuannya. Bukan untuk menyalahkan referensi tersebut.
=======================

Nico Gomgom Manurung:
Bener bang chiko biar tidak salah persepsi. Kalau memang gerd atau lprd tidak bisa sembuh berarti disini kita hanya menjaga pola hidup, makan, dan pola pikir biar tidak terjadi komplikasi ke sakit ya lain, benarkah dengan demikian bang chiko atau dokter anggoro?

Anggoro Eka Raditya:
LPR dan GERD setahu saya bisa disembuhkan. Kedua penyakit itu merupakan iritasi yang disebabkan oleh asam lambung. Secara teori bila asam lambung sudah bisa dikendalikan berarti penyebabnya terkendali. Dengan demikian diharapkan self healing dari organ2 yang terkena tersebut dapat memperbaiki luka yang terjadi. Itulah kenapa terapinya adalah PPI utk menurunkan asam lambung, modifikasi gaya hidup untuk mengurangi kekambuhan dan mendukung proses penyembuhan. Dan terakhir menyerahkan diri kepada Tuhan karena semua proses dapat terjadi bila Tuhan mengizinkan.
=======================

Chiko Safaraz:
Dr Anggoro Eka Raditya masalah teman2 kebanyakan ada pada hiperemis dan erosiva rata2 ini bisa sembuh, tapi ada juga saya temuin yg sudah barret esophagus, apalagi kalau sudah masalah pada lumen dan masalah lesi, tapi saat ini baru 1 orang yg saya temuin mengalami masalah tersebut, yang biasanya setahu saya dan paling banyak lama sembuh apabila memiliki hiatal hernia dan LES yang sudah longgar, ini banyak yg melakukan terapi ppi sampai bertahun2, mohon pencerahannya

Anggoro Eka Raditya:
Barret esofagus ya....ini merupakan suatu bentuk kelainan di esofagus akibat dari iritasi asam lambung yang lama. Pada Barret Esofagus terjadi perubahan sel pada dinding esofagus.

Anggoro Eka Raditya:
Maaf td penjelasan terputus. Analogi dari barret esofagus adalah seperti kita hidup bermasyarakat. Kita dalam hidup bermasyarakat apabila sekali dua kali disakiti oleh orang yang kita cintai atau tetangga, masih bisa ditoleransi tapi jika berulang kali disakiti tentu kita akan merasa sebal dan akan terjadi perubahan sikap kepada orang yang menyakiti tersebut. Yang semula ramah, akan terjadi berubahan dengan memutus kontak dan kita akan hidup sendiri2 sesuai keyakinan kita. Nah sama dengan sel di esofagus. Adanya iritasi yang lama dari esofagus akan merubah sel tersebut termasuk sifat dan prilakunya. Perubahan pada sel esofagus inilah yang menjadi barret esofagus. Jika barret esofagus berkembang sesuai keyakinannya sendiri tanpa memperhatikan alarm dari sekitarnya maka yang terjadi adalah tumbuh dan berkembangnya sel diluar kendali sistem yang ada dalam tubuh manusia. Jadi selagi belum terjadi barret esofagus, usahakan untuk menghentikan iritasi pada dinding esofagus terutama oleh asam lambung.
=======================

Chiko Safaraz:
Dokter Anggoro Eka Raditya bisa berikan kami pencerahan, kenapa ppi dibutuhkan..karena banyak yang awam dan main berhenti seenaknya...kalau saya paham kenapa ppi dibutuhkan..tapi banyak teman2 yg hanya paham itu obat buat tekan asam lambung, padahal bukan hanya itu tujuan utamanya tapi pencegahan.

Anggoro Eka Raditya:
PPI diberikan dengan tujuan mengurangi produksi asam lambung sehingga arus balik asam lambung ke esofagus dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Setelah iritasi oleh asam lambung hilang harapannya adalah terjadi penyembuhan alami dinding esofagus yang tanpa gangguan. Adanya anjuran mengurangi konsumsi yang bersifat asam dan iritatif ditujukan agar tidak terjadi iritasi esofagus dari atas. Ini berlaku juga pada laringfaring. Bagian yang rentan terjadi perubahan sel adalah daerah pita suara.

Anggoro Eka Raditya:
Setelah diberikan PPI sebetulnya kita tinggal menunggu proses penyembuhan mukosa atau dinding esofagus pada GERD dan laringfaring pada LPR. Nah sembari menunggu tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan dan minuman uang mendukung proses penyembuhan. Nah itu yang tadi saya tanyakan. Apa makanan yang cocok? Nah ini yang masih perlu banyak pengkajian dan evaluasi. Dan ini tidak mebutup kemungkinan terdapat perbedaan yang penting adalah ada dasarnya yang dapat dipertanggungjawabkan

Anggoro Eka Raditya:
Pemberian PPI tergantung penyakitnya. Kalau GERD itu bisa ke penyakit dalam dan biasanya 1x1, kalau LPR itu ke THT dan pemberiannya 2x1. PPI yang diberikan bisa Lanzoprazole, Omeprazole, Esomeprazole (nah ini Nexium), Pantoprazole. Nah dari itu semua yang bagus dan terjangkau adalah Lanzoprazole. Esomeprazole (conrohnya nexium) itu bagus tapi setahu saya harganya mahal karena belum ada generiknya.
=======================

Edwin Ramadhan Papana Zakkel:
malem dok,saya ƪά̲̣ƍϊ nih,tadi saya ke THT,trus diresepin lansoprazole 1 X 1 dok.. [ñg̲̅g̲̅α̲̅k̲̅] apa" ya dok?atw perlu saya minum 2 x1 dok?trus ditambah ambroxol 3 x 1 dok..

Anggoro Eka Raditya:
Bang Edwin Ramadhan Papana Zakkel ya menurut saya gak ak papa lanzoprazolnya 1x1 sesuai dokter tht yang memeriksa. Saya tidak bisa menganjurkan haris 2x1 karena saya tidak melakukan pemeriksaan langsung. Ambroxol itu diberikan untuk untuk mengencerkan lendir. Lendir yang encer diharapkan mudah untuk dikeluarkan. Apa tadi saat diperiksa ada lendirnya? Atau ada sensasi tenggorokan berlendir?

Anggoro Eka Radity:
Selain untuk mengencerkan dahak, ada literatur yang menyatakan ambroxol dapat mengembalikan mekanisme pembersihan alami saluran pernafasan.Anggoro Eka Radity:
Karena pita suara itu berada di saluran nafas maka tidak ada salahnya bila dokter memberikan ambroxol. Kalau boleh saran, coba saat periksa dan dikasih obat, tanya ke dokter yang memberi obat apa alasan atau tujuan diberikannya obat tersebut.
=======================

 Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  28 comments:

  1. Dokter,suami saya sakit asam lambung sudah 2bln.keluhan awalnya sakit d bagian ulu hati,tenggorokan terasa sakit dan dada terasa sesak.dan 2bln ini jg sufah minum lanzoprazole....setelah 2bln keluhan d atas menghilang tp kenapa tenggorokannya terasa sakit seperti ada rasa yg mengganjal ketika menelan ludah masih ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengganjal dalam itu bisa akibat peradangan yang lama akibat terkikis asam lambung yg refluks

      Delete
  2. Dok mau nanya,saya ngerasa Ada ganjal ditenggorokan,tapi esok hari nya hilang,kadang timbul lagi,makan minum tidak sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter tht, kalau sudah berlangsung lama, kemungkinan ada radang yang sudah lama

      Delete
  3. Slmt malam dok. Di tenggorokan saya ada benjolan warna putih dan di dinding tenggorokan berwarna merah memang awalnya saya radang+batuk. Setelah radang sudah agak sembuh timbul benjolan yg membuat tenggorokan saya tidak nyaman. Tapi batuk saya belum sembuh. Itu penyakit apa ya dok. Dan bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  4. Slmt malam dok. Di tenggorokan saya ada benjolan warna putih dan di dinding tenggorokan berwarna merah memang awalnya saya radang+batuk. Setelah radang sudah agak sembuh timbul benjolan yg membuat tenggorokan saya tidak nyaman. Tapi batuk saya belum sembuh. Itu penyakit apa ya dok. Dan bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  5. Slmt malam dok. Di tenggorokan saya ada benjolan warna putih dan di dinding tenggorokan berwarna merah memang awalnya saya radang+batuk. Setelah radang sudah agak sembuh timbul benjolan yg membuat tenggorokan saya tidak nyaman. Tapi batuk saya belum sembuh. Itu penyakit apa ya dok. Dan bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
  6. Slmt malam dok. Di tenggorokan saya ada benjolan warna putih dan di dinding tenggorokan berwarna merah memang awalnya saya radang+batuk. Setelah radang sudah agak sembuh timbul benjolan yg membuat tenggorokan saya tidak nyaman. Tapi batuk saya belum sembuh. Itu penyakit apa ya dok. Dan bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya diperiksakan ke dokter tht, untuk dilihat masalahnya seperti apa,

      Delete
  7. sekitar 3 thn yg lalu saya ngalamin yg namanya sesak nafas,jantung berdebar,rasanya mau pingsan bahkan sampe ujung tangan dan kaki dingin dan membiru,,pikiran saya takut mati bukan main setelah periksa rs terdekat d rekam jantung normal dr menyimpulkan asam lambung naik,saya d kasih sulcrafat 3x1 lansoprazole 1x1 ama 1 lagi lupa 2x1,,sebelumnya si emang d tenggorokan kaya ada lendir tapi gak mau ilang..
    nah dr situ selalu angot2an kalo telat makan atau salah makan malemnya sih biasanya lewat tengah malem sesak nafas gk bisa tidur cemas berlebihan,eh ternyata ada benjolan d leher sebelah kiri saya setelah d cek katanya gondok tapi tumbuhnya di dalem kata dr onkologi harus d angkat saya tanya obatnya katanya obatnya ya d angkat kalo gk mau d angkat tunggu gede aja 😑😑tapi kok saya tegesin kalo asem lambung sya kambuhnya sering benjolannya kaya gede tapi kalo jarang kambuh kaya gak keraba gtu apa ada hubungannya benjolan saya sama asam lambung tumbuhnya si emang barengan ama asem lambung saya naek pertama kali 3taunan yg lalu..
    dan sekarang kalo makan ulu ati kok kaya seret makannya susah masuk d tenggorokannya lancar tapi begitu masuk ulu ati kaya berat banget makanannya masuk kenapa ya dok??

    ReplyDelete
  8. Kog sm sprti yang sy rasakan, badan kyk jatuh gt tanpa d iringi asam lambung naik, sy sudah 4 bulan kena asam lambung, masi cari solusi ni mas gmn cara sembuhnya, tolong beri solusi apa mas yang tepat, trimakasih

    ReplyDelete
  9. Kog sama yg sayang rasakan, badan kayak mau jatuh, tanpa diringi asam lambung naik dl, sy dah terkena asm lambung slama 4 bln ini, masi sering takut jg, bagaimana solusinya y mas, thanks

    ReplyDelete
  10. Dok saya udah 8 tahun asma dan tiap hari kambuh, sehari bisa 4 kali kambuh, batuk berdahak, tenggorokan terasa mengganjal atau tercekik dan terasa bengkak, sering sendawa dan kadang2 ada lendir panas, slama ini saya berobat ke internist dan paru tapi hasilnya nihil, dgn smua gejala yg ada apa mungkin saya gerd? Saya bingung harus berobat ke mana, internist/ paru atau tht dgn gejala yg ada, apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau tanya, saya panas dalam udh ada seminggu lebih dan waktu diliat di tenggorokan itu ada kemerahan sm sedikit benjolan. Ga ada keluhan sesak di dada atau panas di dada. Kata dokter itu asam lambung ny yg naik. Sy terapi omeprazol 1x1. Bagaiamana cara mengatasi panas dalam ny ya dok? Saya ga tahan panas terus

    ReplyDelete
  12. Dok, tenggrokan sy kdang seperti tercekik, barubaru sering ngeluarin lendir bening, sy sdh ke tht katanya radang yg sdh lama, tp msalahnya knp tenggrokan sy trcekik seperti ada yg mengganjal, kdang kepala migrain , air liur berlebih, sya harus apa dokter, apa ke SP.PD atau rontgen leher

    ReplyDelete
  13. Salam dok. Sya mau tanya dok. Sya tiba2 jntungya berdebar kencang dn bdan lemas pusing gemeteran dan kesemutan kaki tangan dan dada tersa panas. Kmdian sya cek krmh sakit dan cek EKG jntung saya normal. Sudh 2 tes EKG dan beda rmh skit pula. Kmdian sya krmh skit lg krna pnsran dokter mndiagnosis lmbung sya luka dok. Apa memang sperti itu kalau asam lmbung naik tiba2 jantung berdebar? Terimankasih.

    ReplyDelete
  14. Salam dok. Saya mau tanya. Awalnya tiba saya berdebar kencang cepat. Dan badanlemas gmeteran. Dada sesak dan panas. Setelah 2 kali di EKG dokter mlhat normal dn beda tmh sakit jg. Krna blm smbuh jg saya kermh skit dan dkter blng lambung saya luka asam lmbungya naik. Tp apakah asam lambung naik mnyebabkan jantung berdebar? Trrimakasih

    ReplyDelete
  15. Salam. Dok sya mau tanya awalnya toba2 jntung sya berdebar cepat. Kmudian lemas kesemutan gmeteran. Trus sya cek EKG hasilnya jntungya bgus. Sdah 2 dkter sya periksa dn rs yg berbeda. Kmdian sya cek dkter blng lmbungya luka asam lmbungya naik. Apakah asam lmbung naik bisa mnyebabkan jntung berdebar?

    ReplyDelete
  16. Dokter...mohon maaf ingin bertanya....saya mempunyai gerd sudah diendoskopi ad LES longgar dengan pyloric gapping dan ada hiatal hernia.saya pernah bertanya kepada 3 spesialis penyakit dalam bagian pencernaan, dikatakan saya boleh hamil dan tidak perlu operasi. Sekarang saya sedang hamil 7 minggu, saya merasa terganggu sekali dok. Ketika makan satu sendok, saya akan muntah. Berat badan saya sudah turun 4.5 kg dalam 2 minggu. Dada rasanya terbakar sehabis mencoba makan walaupun akhirnya muntah kembali. Sudah mencoba meminum lanzoprazole tetapi tidak ada perubahan. Anehnya bila kondisi perut saya kosong, saya merasa enak dan tidak mual sama sekali. Mohon pertolongan dok. Saya merasa putus asa

    ReplyDelete
  17. Malem dok.sudah sktr 2 thun di tenggorokan seperti ada yg mengganjal tidak sakit tapi sangat menganggu.saya juga jadi sering sendawa trus mual pgn muntah kadang telinga sakit juga. Itu knapa ya dok ? Mksh sblumnya

    ReplyDelete
  18. Dok, saya seperti kena Gerd deh.
    Menelan makanan dada sakit, minum juga sakit, sendawa juga sakit, dada rasa terbakar sampai ke punggung belakang, perut panas, sudah 6 hari seperti ini. Sebelumnya saya konsumsi obat antibiotik doxicycline untuk mengatasi jerawat dlm jangka waktu 2 minggu sd 3 mggu, saya juga emang sensitif masalah tenggorokan, tidak bisa mnum air es, gorengan atau makanan/minuman trlalu dingin/panas, sdh sering kena radang dan batuk, tp baru kali ini yang parah, bagaimana solusinya dok.

    ReplyDelete
  19. Pada Bulan Mei 2016 saya di opname 3 hari dan dilakukan pemeriksaan Endoskopy dgn hasil sbb : Esophagus : acid+, fundus : bercak2 eritema+, cardia : bercak2 eritema+, corpus : bercak2 eritema+, antrum : bercak2 eritema+ n hiperemis+, bulbus : normal, Biopsi PA antrum

    ReplyDelete
  20. Dengan kesimpulan Pan Gastritisn Gerd.. dari Mei - Des 2016 sudah baik walau kadang kambuh tapi bisa dengan cepat baik kembali tapi ini sudah 1 bulan kambuh dan msih belum baik yg menjadi kuatir adalah lidah menjadi sariawan semuanya atau meradang yang dahulu belum pernah saya rasakan.. bagaimana cara menyembuhkan kondisi tsb ya dok..? saya sudah hopless.. mulai air jeruk nipis, madu, pariet, redacid, sysmuco, lansoprazole tp masih belum baik juga.. mohon sarannya dok.. dan saya sudah ke dokter gastro tp belum ada perubahan.. saya usulkan endos lagi dokter tsb malah bilang tidak usah

    ReplyDelete
  21. Dok, sy sdh terkena gerd hampir 1 thun. Bolehkah penyembuhan terapi ppi dg air alkalin

    ReplyDelete
  22. Dok saya mau tanya, udah seminggu ini tenggorokan saya gatal jadi bawaannya pengen batuk terus. Batuk tanpa dahak. Kalopun ada, dahaknya hanya sedikit. Skrg saya merasa leher saya seperti tercekik (ada rasa tertekan di depan leher) dg kondisi tenggorak msh saja gatal. Itu gejala apa ya dok ? Thanks

    ReplyDelete
  23. Salam dok saya punya penyakit gerd dan hasil endoskopi ada barret di les saya...sy sudah berobat ke 3 spesialis dan katanya otot les tdk bs disembuhkan dan yg mau sy tanyakan vitamin apa atau suplemen apa yg dapat menssuport asupan ke otot les kita?thx be 4

    ReplyDelete
  24. Saya udah request join ke GAI tp blm di accept mas ..

    ReplyDelete
  25. Dok saya mau tanya, sudah 1 bulan tenggorokan sebelah kiri saya terasa perih, saya sudah ke tht dan dibilang karna asam lambung, obat2an pun sudah habis saya minum, tp belum ada perubahan, dan sekarang terasa sampai ke telinga bahkan terasa tegang dibagian belakang telinga hingga leher dan pundak,, saya merasa dibagian bawah telinga kiri dekat rahang rada membengkak tp tidak berupa benjolan, terkadang tenggorokan sebelah kiri terasa perih hingga ke telinga dalam sebelah kiri, apakah ini masih karna asam lambung dok, bagaimana saya menyembuhkannya, apakah butuh waktu lama dok utk sembuh, terima kasih.

    ReplyDelete

Popular Posts