Saturday, January 24, 2015

Mengatasi Kecemasan Naik Tangga

Saya ada cerita mengenai "TANGGA", setiap saya naik tangga pasti kambuh, perut tidak nyaman, dada tidak nyaman, dan nafas terasa berat, itu keluhan yang sering saya alami, awal-awal saya sampai terkena serangan panik setiap naik tangga, karena saya takut terkena serangan jantung,  ironisnya saya sulit menghindar dari naik tangga, oleh sebab setiap shalat jumat saya mesti naik tangga masjid dilantai 2, dan beberapa kali saya pasti kambuh setiap naik tangga, dan selanjutnya setiap shalat jumat, saya datang paling awal kemasjid agar dapat tempat lantai dibawah, atau saya shalat dihalaman masjid atau dijalan,untuk menghindari naik tangga, ini terjadi cukup lama sekitar 4 bulan, saya tidak tahu ini kenapa, suatu saat, sewaktu saya shalat jumat, saya meilhat kakek-kakek tua, tergopoh-gopoh naik tangga masjid, tapi dia tidak apa-apa, saya berpikir, kenapa kakek itu lebih kuat dari saya, akhirnya saya berpikir bagaimana saya harus keluar dari masalah ini, singkat cerita saya mencoba mempraktekkan latihan pernafasan 4-7-8, dari Dr Andrew Weil, saat naik tangga, mulailah saya berlatih, diawali dengan tangga kantorku, karena sebelumnya saya biasanya naik lift, setiap langkah naik tangga, saya tarik nafas lewat hidung sampai hitungan 4, trus tahan sampai hitungan 7, kemudian saya lepaskan dari mulut sampai hitungan 8 secara perlahan-lahan, saya lakukan ini setiap langkah kaki keatas dan melepaskan nafas saat langkah kaki turun, saya mencoba merasakan tarikan nafas dengan damai, saya berusaha tidak merasakan langkah  kaki saya bergerak naik, tapi saya berusaha agar pikiran saya tetap fokus sama tarikan nafas saya, dan setelah sampai, maka saya mencoba lagi melakukan latihan pernafasan 4-7-8 sampai sekitar 5 kali sambil berdiri, agar membuat aturan nafasku kembali normal, Alhamdulillah ini berhasil, saya ulangi sampai 3 kali naik tangga, dan semua berhasil, dan sekarang saya sudah tidak takut naik tangga lagi dan saya bisa naik tangga sambil berlari-lari kecil tanpa ada keraguan. Semoga Allah memberikan teman-teman kesembuhan, karena awal kesembuhan adalah mengatasi setiap masalah satu-persatu, Aamiin.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts