Saturday, January 24, 2015

GERD dan Bakteri H. Pylori (Dr. Anggoro Eka Raditya)

Benarkah semua karena refluks asam lambung?
Refluks asam lambung selama ini dijadikan penyebab dari keluhan nyeri ulu hati, dada panas, tenggorokan tidak nyaman, dan beberapa keluhan lainnya. Untuk itu, terapi yang diberikan adalah dengan pemberian obat yang dapat menekan produksi asam lambung. Contoh obat yang digunakan antara lain adalah lanzoprazole, esomeprazole, pantoprazole, omeprazole (PPI), ranitidine (H2-Bloker), dan obat lainnya. Efek dari pemberian itu adalah sedikitnya jumlah asam lambung. Ternyata, hal itu tidak selalu berefek baik terutama jika pemberian dalam waktu lama. Asam lambung berperan dalam pertahanan tubuh terhadap kuman yang masuk ke dalam lambung sehingga jika asam lambung jumlahnya sedikit, akan menyebabkan menurunnya pertahanan terhadap kuman yang masuk ke lambung.
Di lambung sendiri sebetulnya terdapat kuman yang dapat hidup di lambung yaitu H.Pylori. Walaupun kuman ini hidup tapi dia tidak dapat bergerak terlalu jauh dari mukosa lambung karena terhalang adanya asam lambung. Dengan pemberian obat penekan produksi asam lambung, maka keasaman dalam lambung berkurang dan kuman H.Pylori serasa kuda lepas dari kandangnya. H.Pylori dapat berjalan bebas di organ pencernaan melalui mukosa (dinding dalam saluran pencernaan). Karena faring, esofagus, lambung, dan usus merupakan satu saluran yang tersambung maka H.Pylori ini dapat berjalan hingga tempat tersebut. Seperti layaknya makhluk hidup, H.Pylori pun dapat berkembang biak di tempat dia singgah.
Kuman H.Pylori ketika sampai di mukosa saluran pencernaan, akan mengeluarkan racun dan zat yang dapat merusak mukosa. Rusaknya mukosa menyebabkan tubuh bereaksi untuk mempertahankan diri. Efek dari respon tubuh tersebut menimbulkan suatu reaksi peradangan. Peradangan tersebut menimbulkan suatu sensasi yang tidak nyaman di dalam tubuh dengan harapan otak sebagai pengendali tubuh mengambil suatu tindakan untuk menghilangkan penyebab kerusakan tersebut. Kuman H.Pylori sebetulnya kuman yang dapat dimatikan dengan antibiotik yang sesuai. Untuk menentukan antibiotik yang sesuai harus dilakukan deteksi sensitivitas antibiotik di dalam laboratorium mikrobiologi. Prosedur lebih lanjut untuk hal ini, konsultasi ke dokter. Untuk mendeteksi gejala di faring dan laring, dilakukan oleh dokter THT (hehehe promosi ini).
Oleh karena itu untuk penderita dengan gejala tidak nyaman di tenggorokan, dada panas, sesak nafas, sulit makan, dan suara serak, dilakukan penilaian kualitas gejala dengan indeks gejala refluks (IGR). Bila lebih dari 13, maka sebagai langkah awal dicurigai sebagai adanya refluks laring faring. Tindakan selanjutnya adalah dengan mengevaluasi reflux finding score (RFS) atau nilai kualitas temuan pemeriksaan fisik. Jika hasilnya mendukung adanya kecurigaan refluks laringofaring, dilakukan obat penekan produksi asam lambung selama 1 bulan (2 x 2 minggu. Jika tidak ada perbaikan nilai IGR dan RFS maka akan bisa dilakukan evaluasi keberadaan H.Pylori atau kuman lain yang tergolong jahat.
Nah dengan demikian, jika gejala dan tanda tidak membaik setelah pemberian obat penekan produksi asam lambung, sangat dimungkinkan adanya infeksi H.Pylori atau kuman yang lain. Jangan curiga adanya kanker terlebih dahulu. Adanya benjolan di daerah leher dapat dicurigai adanya pembesaran kelenjar getah bening. Dan bembesaran kelenjar getah bening itu dapat dikarenakan adanya peradangan lama karena adanya infeksi. Jangan parno dulu adanya kanker. Ya tulisan ini melengkapi tulisannya Chiko Safaraz.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  1 comment:

  1. Dokter, saya mau bertanya, kenapa sakit asam lambung saya tidak kunjung membaik? Sy sakit asam lambung sdh selama kira2 10 hari. Bagian kanan perut kembung n sakit. Usus panas dan saya seprti selalu ingin buang air besar, tp Kalau sy paksakan kluar sakit sekali.

    ReplyDelete

Popular Posts