Saturday, January 24, 2015

Hubungan GERD dengan Nafas Pendek-Pendek

Dokter Anggoro Eka Raditya , Dokter Antina Nevi Hidayati, Dokter Ari Fahrial Syam, mohon maaf sebelumnya, saya ada pertanyaan mewakili teman-teman, kira-kira seberapa besar kemungkinan kejadian pada gambar dibawah ini, yang menyebabkan banyak penderita mengalami kesulitan bernafas, nafas pendek2, seperti kesulitan menarik oksigen, tanpa ada asam lambung yang reflux.
Gerakan peristaltik dari kerongkongan yg dikontrol oleh saraf parasimpatis apabila ada makanan yg masuk tapi apabila tidak ada makanan, apakah mungkin akibat kecemasan yang mengaktifkan respon saraf simpatis bisa menyebabkan kejadian penyempitan saluran kerongkongan, oleh sebab kedua saraf otonom ini bekerja bertentangan, kira-kira hubungan respon saraf-saraf tersebut bagaimana, apabila kemungkinan atas kejadian pada gambar ini penyebabnya...Terima Kasih sebelumnya.



Jawaban:

Antina Nevi Hidayati:
Cemas membuat kita alert, meningkatkan sekresi cortisol dan adrenalin, meningkatkan penyediaan energi dengan memperbanyak proses katabolisme untuk mendapatkan gula, dan memerlukan tambahan oksigen. Jantung dan Sistem pernafasan meresponnya dgn meningkatkan denyut nadi dan frekuensi nafas. Orang cemas jadi dag dig dug dan ngos-ngosan.

Antina Nevi Hidayati:
Ada lagi yang sesak karena folume lambung yg membesar (kembung) misalnya pada kondisi gastroparesis akibat menurunnya fungsi syaraf, misalnya pada penderita diabetes kronis. Meningkatnya folume lambung, mendorong diafragma sehingga tidak leluasa bergerak sehingga folume dada tidak optimal saat bernafas, orang merasa tidak lega bernafas. CMIIW

 Ari Fahrial Syam:
Penjelasan Dr.Antina Nevi Hidayati sdh ok, volume lambung juga bisa meningkat karena busa lambung yg meningkat sehingga mendorong diagfrahma sehingga kapasitas paru menurun dan menginduce sesak. Partikel isi lambung juga bisa terhirup ke saluran nafas sehingga hal ini juga bisa menginduce terjadi penyempitan saluran nafas.


Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  3 comments:

  1. Assalamu'alaikum wr wbr... saya rina di vonis dokter psikomatis. Skrg ini perut saya srg kembung/bersendawa dan buang angin sehingga dada sesak dan peredaran darah d tubuh kurang lancar, kepala sakit, badan lemas mudah lelah serta tidur kurang berkualitas. Bgmn cara mengatasinya ?. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Walaikum salam, sepertinya kamu kena dispepsia fungsional, coba perbanyak ibadah, olahraga, atur makanan, yang utama atur stres,

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum mas chiko.
    Luar biasa bantuannya kepada teman teman yang terdignosa gerd.
    Saya mau tanya mas. Apakah gerd dapat menyebabkan lemas/mudah lelah, pusing selama beberapa bulan? Terimakasih mas

    ReplyDelete

Popular Posts