Saturday, January 24, 2015

Hubungan Makanan dengan Kecemasan

Banyak mungkin kebingungan dan pertanyaan, apa hubungannya makanan sama anxiety, psikosomatis walaupun saya banyak tahu apa hubungan antara makanan dengan kesehatan jiwa kita, mulai dari pembentukan serotonin, bakteri usus, dll, tapi anggaplah saya setuju dengan pemikiran ini, kita anggap "TIDAK ADA", ada banyak teman-teman kadang sharing sama saya, pertanyaan klasik ini sering saya dapatkan, kalau saya menjawab tentang kegunaan itu hanya sebatas yang saya sebutkan diatas, saya rasa jawaban ini tidak bisa membuat orang melakukan perubahan dan menganggap alasan ini biasa saja, disini menariknya kebanyakan dari mereka pada saat saya tanyakan apa yang paling membuat kamu cemas dan takut, hampir semua menjawab "PENYAKIT PARAH", dan menarik lagi, orang sakit parah rata-rata akibat "POLA MAKAN DAN POLA HIDUP" yang salah diluar faktor genetik, saya selalu katakan tindakan apa yang paling kita inginkan, "PADAMKAN API" atau "MATIKAN SUMBER APINYA", rata-rata menjawab "MATIKAN SUMBER APINYA", supaya api tidak ada lagi, disini kita bisa menarik garis besarnya, semua mau sehat dengan efektif dan benar, mari kita lihat apa gunanya makanan-makanan sehat itu kalau kita beranggapan "TIDAK ADA", jiwa yah jiwa., itu semua akibat stress dan tidak berpengaruh banyak dengan makanan, dari pembahasan diatas kita bisa tarik dua key-nya, "PENYAKIT PARAH" dan "MATIKAN SUMBER APINYA", kita belajar tindakan preventif, banyak yg bertanya tentang perilaku kognitif, ini salah satunya, yaitu cara pandang yang kita ubah, suatu saat kita akan mengalami kecemasan akibat gejala-gejala psikosomatis pada tubuh kita atau akibat dari lingkungan kita, contoh mendengar musibah orang mengalami penyakit parah, apa yang ada dipikiran kita pada saat itu adalah "CEMAS", apakah ada jawaban untuk menghadapi itu "TIDAK ADA", kenapa tidak ada? karena kita butuh jawaban yg realistis, sekarang pertanyaannya apa hubungann sama makanan sehat? yaitu, inilah jawaban realistis yang kita butuhkan, secara otomatis kita akan melihat pola makan dan pola hidup kita, kita akan menghitung resiko terkena penyakit berat tersebut, jawaban terbaik dari pikiran kita adalah "TIDAK MUNGKIN SAYA SAKIT ITU, KARENA POLA MAKAN dan POLA HIDUP SAYA SEHAT". Semoga kita semua sehat dan diberikan kesembuhan, hanya yang bisa membuat pikiran-pikiran realistis untuk menajawab kecemasan adalah pasien anxie yang bisa sembuh secara permanent.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts