Saturday, January 24, 2015

Masalah Kliyengan/Keseimbangan (Dr Anggoro Eka Raditya)

Berikut saya rangkumkan tanya jawab tentang masalah kliyengan/keseimbangan, dengan Dr Anggoro Eka Raditya, spesialis THT, rumah sakit Dr Sardjito Yogyakarta, bagian poli THT.

Narendra Ridha:
Terima kasih sudah bergabung, sejak terkena maag dan anxietas, telingga selalu berdenging, apalg klo lg ada tekanan stress, atau lg banyak fikiran dengingnya semakin kuat, apakah ada pengaruhnya dokter ? Hubnya apa ya dok, maag dan anxietas dengan telinga berdenging, tks atas pencerahanya,

Anggoro Eka Raditya:
Adanya kecemasan itu bisa memacu naiknya keasaman lambung (mekanisme detailnya lain waktu ya hehehe). Asam lambung yang meningkat penyebabkan daya tahan lambung kalah jadi keasamannya menyebabkan iritasi di lambung. Asam lambung ini bisa terpompa ke atas ke lambung, dan mungkin hingga ke faring. Saat sampai faring bila keasaman masih tinggi maka zat asam ini bisa ke atas lagi hingga ke pangkal hidung. Asam yang di pangkal hidung ini bisa menyebabkan radang di muara saluran penghubung ke telinga. Nah saluran yang bengkak dapat menyebabkan masalah dirimu telinga tengah. Masalah di telinga tengah ini dapat menyebabkab masalah di organ pendengaran dan menyebabkan adanya suara berdenging (tinitus).
=====================

Dian Ariyani:
Dokter, saya sering tuh tengah nyetir ngantuk. Atau ada org ngomong panjang ngantuk. Diem nonton tivi ngantuk

Anggoro Eka Raditya:
Seringnya mengantuk saat nonton tv, saat ngobrol, dan nyetir yang kemudian diikuti dengan tercekim atau sesak nafas, itu pertanda mengarah ke obstructive sleep apneu. Nah sebaiknya di periksakan ke THT untuk dievaluasi kondisi saluran nafas atas.
=====================

Arif Fatawi:
Pak dokter ...betulkah klo keseimbangan tubuh letak syarafnya di telinga alnya sy msih suka sprti ilang keseimbangan palagi klo kuping kemasukan air ..maaf dok bahasanya belepotan hehe

Anggoro Eka Raditya:
Keseimbangan itu salah satunya dikendalikan oleh syaraf vestibuler yang perjalanannya dari telinga dalam tepatnya namanya canalis semisirkularis hingga ke otak kecil (serebelum).
=====================

Umar Ghifari:
Dok, begini sy kan pernah dan sekarang kadang2 di telinga ada suara menggema gitu. Suaranya seoalh diatas kepala sy. Kadang suara seperti seolah diatas ada sebuah lantai sy dengar gemuruh. Tapi lama2 sy iseng tekan telingannya ternyata ada rasa skit didalamnya... naah saat sy dengar gemuruh itu, kemudian sy pijit tekan telingannya, jadi ilang suaranya. Itu kenapa ya.

Anggoro Eka Raditya:
Untuk telinga bergemuruh, suara menggema, dan telinga ditekan sakit, itu perlu dievaluasi apakah ada masalah ditelinga luarnya. Dievaluasi apakah radang ataupun ada benda yang menyumbat. Bila liang telinga aman perlu dievaluasi telinga tengahnya. Terapi dilakukan sesuai dengan diagnosis saat pemeriksaan. Jadi sebaiknya diperiksakan untuk dilihat langsung. Eh ya maaf saya dari tanggal 1 - 10 januari tugas ke RSU Wonosobo. Jadi kalau mau ketemu aaya tanggal itu si RSU Wonosobo.
=====================

Diah Ananda:
Terima kasih dokter sudah meluangkan waktu menjawab keluhan Kami. Kalau sedang tidur saya sering terbangun tiba-tiba karena merasa leher tercekik Dan tidak bisa bernafas sehingga saya jadi takut tidur. Ini kenapa ya dok?

Anggoro Eka Raditya:
Tidur tiba2 terbangun karena tercekik. Itu yang dimaksud sesak nafas gitu? Saya trus kepikiran adanya tanda Obstructive Sleep Apnea. Nah itu biasanya kurang patennya halan nafas atas saat tidur terlentang. Tp sebelum menegakkan diagnosis itu perlu dikonfirmasi, apakah sering mengantuk atau tertidur saat duduk santai, ngobrol dengan teman, mendengarkan kuliah, lihat televisi, saat nyetir mobil yang sebelumnya tidak minum alkohol?
=====================

Chiko Safaraz:
Dokter Anggoro Eka Raditya saya gak tahu apakah masalah ini masuk dalam bidang THT, gastro atau saraf, hampir semua kami mengalami kliyengan, seperti oleng, apakah kemungkinan ada kemiripan masalah seperti gangguan vertigo ataukah stimulan saraf, atau kemungkinan aliran oksigen ke otak yang terganggu akibat asam lambung yang reflux...Thanks dok.

Anggoro Eka Raditya:
Vertigo itu merupakan salah satu gangguan keseimbangan. Tanda vertigo adalah terasa lingkungan berputar (hehehe apakah itu yabg dimaksud kliyengan?). Ini berbeda dengan dizziness yang artinya tubuh terasa seperti akan jatuh tapi lingkungan tidak terasa berputar.

Chiko Safaraz:
Dokter Anggoro Eka Raditya bukan vertigo, benar seperti dizziness, kayak naik kapal oleng, kepala ringan, ini keluhan yang paling ditakuti, karena mirip mau jatuh..takut pingsan...

Anggoro Eka Raditya:
Tubuh terasa akan jatuh itu menurut pemahaman saya penyababnya karena tubuh tidak dapat menyangga tegaknya tubuh. Penyebabnya macam2 bisa karena kesadaran yang menurun (miaalnya ngantuk), atau tubuh kurang tenaga. Tenaga itu adalah oksigen dan glukosa. Jadi saat itu muncul ada kemungkinan kurang oksigen dan glukosa. Glukosa itu dari makanan. Kalau asupan oksigen kurang itu penyebabnya bisa karena kadar oksigen yang kurang di udara atau bisa juga karena pembawa oksigen dalam darah yang kurang. Oksigen dalam darah dibawa oleh hemoglobin.

Chiko Safaraz:
Dokter Anggoro Eka Raditya dizziness kan termasuk lightheadedness jadi tidak termasuk masalah serius, dulu saya hampir 6 bulan seperti ini, dan benar2 menyeramkan rasanya kalau kambuh, ini terjadi hampir setiap hari, dengan mengesampingkan masalah tekanan darah, bleeding, atau masalah ritme jantung, olahraga setiap pagi membantu banyak mengurangi gejala ini, banyak teman2 juga setelah rajin olahraga, keluhan mulai berkurang, kayaknya ini masalah banyak perdebatan, karena anxietas juga bisa memicu masalah ini..yang saya heran kadang masalah ini datang tiba2 tanpa diiringi asam lambung yang reflux..jadi bisa seperti sebuah serangan, tanpa jelas apa pemicunya, karena rata2 kami sudah melakukan medical checkup rutin, termasuk saya yang dulu harus bolak balik rumah sakit tanpa ada jawaban jelas...hahahaha...

Anggoro Eka Raditya:
Iya Pak Chiko Safaraz, dizziness itu penyebabnya macam2. Bisa organik ataupun psikis. Saat psikis terkena anxietas maka yang terjadi pada tubuh adalah reaksi siaga. Pada saat reaksi siaga tersebut tubuh membutuhlan tenaga ekstra. Ya oksigen dan gula itu tadi. Ini memang bukanlah hal serius.

Anggoro Eka Raditya:
Ya sebaiknya disaat cemas melakukan relaksasi.

Anggoro Eka Raditya:
Contoh relaksasi adaah bisa dengan hypnosis. Nah ini teman sejawat psikiatri dan psikolog serta hypnoterapis yang berkomperen
=====================

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  12 comments:

  1. Dokter, telinga saya sering muncul seperti benjolan di bagian daun kuping dlm mengarah ke lubang telinga. Sakit sekali kalau tertekan sedikit saja, tetapi tidak aeperti bisul. Sering juga telinga saya keduanya seperti kesemutan. Namun tsk berdengung. Saya sudah cek ke beberapa tht, mereka bilang tidak ada masalah. Terkadang hanya merah dibagian dalam lubang. Namun tidak pernah tuntas masalah ini. Dan selalu mengganggu setiap kambuh. Mungkin dokter bisa bantu. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah diperiksa tidak apa2, mungkin nanti akan sembuh sendiri

      Delete
  2. Dok kenapa ya, 5hari yg lalu saya tour menggunakan bus. Nah pas sampe di jakarta saya ngerasa kepala saya pusing kliyengan seperti muter gitu dok, rasanya kyk terbawa pas saat di bus, pokoknya saya kyk kehilangan keseimbangan kalo lg berdiri. Ini terjadi udah hampir seminggu dok, apa ini ada hubungannya sama telinga saya ya? Tolong sarannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa ke dokter saraf...apakah kamu terkena vertigo

      Delete
  3. Siang dok, saya mau cerita sedikit. Udah hampir seminggu ini saya merasa kliyengan. Kalo saya lg diem atau lg fokus akan sesuatu,tiba tiba seperti melayang,seperti efek badan terkena gempa,goyang gt. Saya pikir saya kurang darah,udh minum obat penambah darah tp tetap saja seperti ini. Gejala ini biasanya dibarengin dg badan saya yg mulai lemas. Tp kedua gejala ini tiba tiba hilang dan tiba tiba datang lagi. Saya bingung. Kira kira saya sakit apa ya dok ?

    ReplyDelete
  4. Dok mau tanya sudah 2 hari ini kepala saya berasa Muter2 sampai mata saya pun ikut muter dok, bisa dbilang jg kliyengan, sudah itu lgsg mual, ini knp ya dok, tolong penjelasannya

    ReplyDelete
  5. Dok, saya kena pnyakit aneh nih.. tiap hari mikirin nafas terus, jadi seakan-akan nafas yg saya hembuskan itu manual saya yg melakukan, efeknya macem2, kadang perut terasa keram, tersengal di tenggorokan, dan yg paling gk enak tuh yg sekarang, kliyengan terus.. saya udah 2 kali hipnoterapi cuma efeknya tdk jangka panjang.. kira2 kalo mw periksa ke dokter, dokter spesialis apa yh?

    ReplyDelete
  6. Saya mau tanya dok, 3 hari yang lalu aaya terkena demam gejala demam saya panas tinggi namun disertai menggigil dan setelah saya tidur dengan selimut saya langsung berkeringat banyak, setelah saya ke dokter saya di beri obat parasetamol, deksametason sama ciprofloxacin. Setelah saya konsumsi obat tersebut demam saya turun dok.
    tapi kepala saya terasa kleyengan, saat saya duduk atau berdiri saya merasa pening dok...itu kenapa ya dok apa pengaruh obat, obatnya belum habis sampai sekarang dok...mohon jelaskan ya dok

    ReplyDelete
  7. Asamlambung gerd dah mendingan tapi masih aja kliyengan sampai takut mau aktivitas diluar, biar sembuh minum obat apa ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Asamlambung dah baikan, tapo masih aj kliyengan apalagi buat jalan.....minumal obat apa ya dok biar sembuh

    ReplyDelete
  9. Asamlambung gerd dah mendingan tapi masih aja kliyengan sampai takut mau aktivitas diluar, biar sembuh minum obat apa ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Mas chiko kalo dizzines itu sembuhnya bagaimana dan ko rasanya kaki kaya ringan dan kebas, solusinya mas bagaimana ya?

    ReplyDelete

Popular Posts