Saturday, January 24, 2015

Ceritaku Mencari Kesembuhan GERD, ANXIETAS, PSIKOSOMATIS


Saya terkena penyakit ini tanggal awal bulan Februari 2012, dan saya aktif, dibeberapa forum dalam dan luar negeri, karena aktifnya banyak yang menjuluki saya dengan sebutan dokter, professor, dukun, alternatif, dll...hehehehehe...banyak jalan yang sudah saya lakukan untuk sembuh dari penyakit ini, dan semua adalah sebuah proses walaupun banyak yang sia-sia, saya tidak bisa menuliskan semua satu-persatu dan hanya bisa menulis  garis besarnya saja :

Keluhan yang saya rasakan :

1. Nyeri Dada kiri/Nyelekit
2. Sesak Nafas
3. Dada Panas (Heartburn)
4. Kliyengan
5. Perut Panas dan mual
6. Keringat dingin dan bergetar seluruh tubuh.
7. Sering kedutan berpindah-pindah
8. Tenggorokan seperti susah menelan dan kadang seperti tercekik
9. Kembung dan sebah
10. Pundak, punggung, ulu hati sering nyeri atau panas.
11. Tangan kiri sampai pundak sering pegal dan nyeri atau kedutan.
12. kadang lemas tiba-tiba, kaki seperti tidak ada tenaga.
13. Sensitif sama udara dingin
14. Cemas tingkat dewa, sampai menemukan tahi burung di teras membuat saya cemas berhari2 kepikiran terkena flu burung.
15. Mudah emosi, sensitif dan sangat takut akan kesehatanku.

Dari semua keluhan diatas, apabila kambuh dan terkena serangan panik pada saat saya mengalami gejala nyeri dada dan sesak nafas sehingga bergetar seluruh tubuh seperti mau pingsan.

Berikut ini jalan cerita bagaimana saya bisa seperti ini dari bulan ke bulan :

Bulan ke 1
Disini saya mengalami ujian yang sangat berat apalagi awal-awal saya di vonis penyakit jantung, dan saya tidak mengerti dan tidak memiliki pengetahuan tentang penyakit, saya sendiri browsing sana dan sini, dan terjebak dalam lingkaran setan, dimana semua informasi yang saya dapatkan merusak mental dan menambah kecemasanku, sederhananya setiap saya browsing nyeri dada kiri dan sesak nafas pasti menemukan masalah jantung dan ujung2nya pasti mengerikan. Kemudian saya mencari second opinion di rumah sakit lain dan beberapa dokter mengatakan jantungku sehat dan hanya terkena asam lambung tinggi, disini masa saya benar-benar shopping dokter, setiap dokter obat berbeda-beda, dan setiap hari tidak ada perkembangan, tetap sama keluhan ada stiap saat, dan membuat saya frustasi, susah tidur, takut makan, takut mati dan tidak bekerja dalam beberapa minggu...mencoba olahraga tapi jalan 100 meter saja sudah ngap2an. Banyak tes medis yang saya lakukan sendiri sampai tes imun dan tes hiv saya cobain, karena saya bingung atas penyakit ini...cek jantung sudah tidak tahu berapa banyak yang saya lakukan, alternatif berapa banyak yang saya datangi, semua herbal2 saya cobain, makanan saya jaga sampai cuma makan bubur saja.

Bulan Ke 2
Saya bergabung ke group gerd , dan banyak membaca postingan-postingan dan keluhan-keluhan yang hampir sama seperti yang saya rasakan, disini mulai ada semangat hidup saya, tapi pada saat itu, group ini isinya masih pada sakit dan informasi akan penyakit ini sangat simpang siur, sering terjadi perdebatan dan tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah, tapi teman-teman disini, terus bersama  dan akhirnya keyakinan-keyakinan akan sembuh semakin tinggi, walaupun setahu saya pada saat itu belum ada yang bisa dikatakan sembuh.

Bulan ke 3
Setelah saya bergabung di group gerd, banyak informasi yang baru saya ketahui, seperti ada dokter ahli pencernaan KGEH, kebetulan atasan saya menyarankan saya ke salah satu ahli pencernaan langganan beliau yaitu Prof Azis Rani. Disini awal saya mulai paham atas penyakitku, bersama dokter ini, saya menceritakan semua keluhanku, akhirnya singkat cerita dia mengatakan kalau saya terkena GERD, Gastritis kronis dan psikosomatis. dari beberapa tips-tips beliau dan yang paling saya ingat dan membekas bagaimana dia mengatakan "kalau tubuh saya tidak serapuh yang saya pikirkan, mulai percaya akan tubuh anda, karena anda masih muda dan masih memilki kesempatan besar untuk bisa sembuh".

Dibulan ke 3 saya mulai berpikir kalau saya harus sembuh dan keluar dari penyakit ini, saya tidak peduli kapan harus sembuh dan berapa lama harus sembuh, yang saya pikirkan adalah bagaimana saya bisa fokus, disiplin dan efektif menjalani proses penyembuhanku. Saya mulai berpikir apa yang harus saya lakukan, paling pertama adalah mengenal dulu penyakitku, paham yang benar dan tahu apa solusinya, saya sudah capek melakukan banyak hal yang sia-sia dan itu membuatku lelah dan sedikit depresi. berikut ini adalah cara saya memperbaiki semuanya :

 1. Kebetulan saya adalah Konsultan IT dan mencari informasi di dunia IT sangat mudah buat saya, maka saya mengawali dengan mencari informasi yang benar atas penyakit ini dari sumber, penulis, dan kualitas artikel atau jurnalnya, dan saya bergabung dengan salah satu website berbayar dengan layanan konsultasi dengan banyak dokter-dokter di amerika dan juga bergabung dengan forum-forum luar negeri. Saya banyak browsing di books.google.com atau di website universitas .edu, jadi apa yang saya baca kebanyakan e-book ataupun jurnal ilmiah yang bisa saya bedakan apakah itu berupa hipotesis atau sudah terbukti, disini banyak sekali informasi yang benar yang saya dapatkan, karena saya penderita, dan paham apa yang saya rasakan dan apa jawaban yang benar sesuai apa yang saya rasakan. Akhirnya ketakutan-ketakutan saya mulai terjawab oleh pengetahuan, dan kecemasan-kecemasan saya mulai bisa saya atasi, walaupun itu tidak 100%.

2. Berbekal banyak pengetahuan yang saya yakin itu benar, akhirnya saya memilah-milah apa kebutuhan saya untuk sembuh dan bagaimana saya mencari kesembuhan tersebut. Masalahku ada 2, fisik dan psikis yang mana kedua itu harus saya sembuhkan secara bersama-sama, saya coba menjabarkan secara garis besarnya saja :

2.1. Saya mulai berpikir untuk meyelesaikan masalah fisik, dokter menvonis saya Gastritis Kronis dan GERD, saya mulai memilah-milah, mana keluhan penyakit fisik yang sebenarnya dan mana yang dari psikis, GERD adalah masalah kerongkongan ada erosif atau mucosal break, LES atau hiatal hernia, dan Gastritis kronis adalah masalah radang/infeksi/iritasi pada mukosa lambung,  apa yang saya butuhkan utk meyelesaikan masalah fisik ini:

A. Untuk masalah otot les saya, karena ini adalah masalah otot maka saya mulai dengan berhenti merokok, berhenti minum kopi, makan sedikit-sedikit, mengunyah makanan yang lama, karena ini masalah, otot maka kita harus paham semakin besar makanan yang masuk maka semakin besar katup les akan terbuka dan olahraga setiap pagi, agar otot-otot tersebut bisa menguat kembali.

B. Untuk masalah erosif dan radang, saya tahu kalau tidak ada obat yang dapat menyembuhkan ini, dan tubuh kita akan memperbaiki sel-sel yang rusak secara alami, dan saya tahu saya harus memberikan kesempatan pada tubuh ini untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan berusaha mengurangi kerusakan-kerusakan lebih lanjut, disini makanan sangat berperan, Apa yang saya butuhkan adalah, komsumsi makanan bergizi utk mempercepat perbaikan kerusakan yang telah ada, jadi saya mulai tidak melakukan pantangan total dan mengerti mana yg pantang benar dan mana yg tdk benar, dan saya makan dengan terkontrol dan makanan yang bermanfaat dan saya tidak membiarkan perut saya kosong. Untuk herbal, saya komsumsi lidah buaya utk anti inflamasi/radang, dan madu utk membantu tubuh saya agar tetap sehat dan membantu memulihkan lebih cepat, obat saya komsumsi hanya PPI secara rutin sesuai resep dokter, walaupun saya di resepkan xanax tapi saya tidak menyentuhnya , PPI akan membantu mencegah kerusakan lebih banyak dengan menekan asam lambung sehingga perbaikan pada tubuh saya menjadi lebih cepat, pemahaman obat bagi saya adalah ini bukan menghilangkan keluhan sama sekali, karena saya sadar kalau saya juga mangalami gangguan psikis jadi pengobatan fisik tidak bisa bekerja 100% utk menghilangkan gejala, dan vitamin B, karena vitamin B12 akan mengalami masalahpeyerapan pada saat produksi asam lambung terganggu.

 2.2. Kemudian saya mulai berpikir untuk menyembuhkan masalah psikis, ini adalah yang paling sulit, karena setiap orang adalah unik. Saya mulai mencari apa yang menyebabkan hal ini terjadi, apakah itu stress atau itu trauma, akhirnya saya sadar itu adalah stress, dan apa stress itu, apakah karena penyakit ini ataukah kebalikannya, dan saya percaya itu adalah kebalikannya. Stress juga ikut menyebabkan saya sakit, saya mulai mencari tahu apa stress saya, karena secara sadar saya tidak mengetahui apa stress saya, dan akhirnya saya paham stress yang tanpa saya sadari ada dalam kehidupanku setiap hari, masalah emosional yang tidak tersalurkan dengan benar, perfectionist, dan ambisius dalam target, ini adalah masalahku. Tumpukan2 masalah ini menjadikan stress yang tidak saya sadari dan saya anggap biasa, dan saya mulai mencari solusi atas semua itu :

A. Saya belajar mengatasi rasa cemas yang datang sehingga saya bisa menghindari serangan panik dengan menggunakan pengetahuan utk menjawab secara logika atas kecemasan, ibadah utk keikhlasan, dan rileksasi pernafasan. utk manage semua ini saya melakukan self hypnosis setiap pagi sebelum olahraga.

B. Saya mulai dengan mengatasi masalah emosional yang bisa saya salurkan dan bisa saya lupakan secara cepat dengan shalat, rileksasi pernafasan, meditasi ringan adalah cara cepat saya utk menyalurkan itu dengan cepat dan benar.

 C. Perfectionist, saya mulai belajar untuk dapat menerima kekurangan dan menghadapi kekecewaaan dengan ikhlas dan belajar menerima kritik.

 D. Ambisius dalam target, saya mulai belajar utk menikmati hasil yang saya dapatkan saat ini, dan tidak berpikir target tapi berpikir proses dan target pasti akan datang sendiri.

 E. Saya mulai belajar hidup berimbang, dimana saya stress dan dimana saya harus senang.

Semoga cerita singkat ini dapat bermanfaat, dan sembuh itu tidak mahal dan tidak sulit, dan semua itu yang sudah kita lakukan harus kita lanjutkan dan saya masih terus belajar, jangan terlena dengan arti kesembuhan total. dan saya dapat beraktivitas normal lagi setelah 6 bulan semenjak sakit dan mencapai itu 3 bulan sejak saya mulai melakukan penyembuhan dengan benar.


Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  86 comments:

  1. sgt bermanfaat bgt.. trims udah berbagi mdh2an Allah membalas kebaikan mas dgn kebaikan dan ridhoNya. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat... baru ini artikel yg saya baca sangat membantu... saya pun ingin sembuh walaupun tdk sepenuhnya sembuh... semoga Allah membantu kesembuhan saya.. terimakasih ya saya akan mencobanya juga..

    ReplyDelete
  3. Mas chiko, bs ksh contohkh self hipnosis sprt ap?
    Dan olhrga ny ap mas yg tpat ??

    ReplyDelete
  4. ternyata gak cuma aku yg menderita kayak gitu, aku udah putus asa banget, tapi setelah baca cerita di atas hatiku jadi tenang deh. semoga cepet sembuh buat semuanya aja. . :)

    ReplyDelete
  5. ternyata gak cuma aku yg menderita kayak gitu, aku udah putus asa banget, tapi setelah baca cerita di atas hatiku jadi tenang deh. semoga cepet sembuh buat semuanya aja. . :)

    ReplyDelete
  6. artikel INI sangat membantu... thanks banger.
    2014 habits lahiran anak ke 2 aku kena sakit INI... 3bln MNM obat DRI psikiater sy merasa sehat akhirnya 1 thn..ga minum obat Dan akhirnya sekitar 6bln yg lalu kambuh lagi Dan berobat smpe skrg Dan kalo kambuh lagi emang gejala sakit me fisiknya tambah parah.. dokter udh bilang sih sebelumnya hmmm.... mau ikut saran artikel diatas . ya paling tidak bisa mengurangi rsa sakit ini ..

    ReplyDelete
  7. semoga smua orang sakit bisa sembuh dan membaik

    aku jg mengalami hal yg sama

    terutama sakit di dada dan kedutan pindah2

    mari sama2 mendoakan semua mahluk berbahagia

    thanks infonya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas cerita dan pengalamannya,saya jadi semangat lagi dan kondisi saya
    membaik..alhamdulillah.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas cerita dan pengalamannya,saya jadi semangat lagi dan kondisi saya
    membaik..alhamdulillah.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih setelah membaca ini saya menjadi semangat dan tidak khawatir lagi..alhamdulillah membaik..semoga cepat sembuh juga semua..aamiin

    ReplyDelete
  11. Info yg sangat bermanfaat👍👍

    ReplyDelete
  12. terima kasih banyak sudah berbagi pengalamannya senang bisa berkunjung di halaman anda yang sangat informatif ini !

    ReplyDelete
  13. Tuhan memberkati Dr Abai untuk bekerja luar biasa dalam hidup saya, saya didiagnosa HIV sejak 2013 dan saya mengambil obat saya, saya tidak puas saya butuhkan untuk mendapatkan HIV dari sistem tubuh saya, saya mencari tentang beberapa obat yang mungkin untuk HIV saya melihat komentar tentang bagaimana ia disembuhkan HIV dengan obat herbal, saya menghubungi dia dan dia membimbing saya. Saya meminta solusi, ia mulai obat untuk kesehatan saya, dia mengirimkan obat melalui KURIR POST. Aku mengambil obat yang diresepkan oleh dia dan 19 hari kemudian saya sembuh dari HIV, Dr Abai benar-benar Anda orang besar, yang Anda butuhkan bantuannya juga? Mengapa Anda tidak mengunjungi situs web: http://drabaiherbalcure.webs.com jika Anda mengalami masalah yang sama menghubunginya melalui nomor whatsapp nya +2348156769001, atau hubungi dia melalui email: drabaiherbalcure@outlook.com

    ReplyDelete
  14. Tuhan memberkati Dr Abai untuk bekerja luar biasa dalam hidup saya, saya didiagnosa HIV sejak 2013 dan saya mengambil obat saya, saya tidak puas saya butuhkan untuk mendapatkan HIV dari sistem tubuh saya, saya mencari tentang beberapa obat yang mungkin untuk HIV saya melihat komentar tentang bagaimana ia disembuhkan HIV dengan obat herbal, saya menghubungi dia dan dia membimbing saya. Saya meminta solusi, ia mulai obat untuk kesehatan saya, dia mengirimkan obat melalui KURIR POST. Aku mengambil obat yang diresepkan oleh dia dan 19 hari kemudian saya sembuh dari HIV, Dr Abai benar-benar Anda orang besar, yang Anda butuhkan bantuannya juga? Mengapa Anda tidak mengunjungi situs web: http://drabaiherbalcure.webs.com

    ReplyDelete
  15. Tuhan memberkati Dr Abai untuk bekerja luar biasa dalam hidup saya, saya didiagnosa HIV sejak 2013 dan saya mengambil obat saya, saya tidak puas saya butuhkan untuk mendapatkan HIV dari sistem tubuh saya, saya mencari tentang beberapa obat yang mungkin untuk HIV saya melihat komentar tentang bagaimana ia disembuhkan HIV dengan obat herbal, saya menghubungi dia dan dia membimbing saya. Saya meminta solusi, ia mulai obat untuk kesehatan saya, dia mengirimkan obat melalui KURIR POST. Aku mengambil obat yang diresepkan oleh dia dan 19 hari kemudian saya sembuh dari HIV, Dr Abai benar-benar Anda orang besar, yang Anda butuhkan bantuannya juga? Mengapa Anda tidak mengunjungi situs web: http://drabaiherbalcure.webs.com

    ReplyDelete
  16. trus bagaimana kalo ingin menghapus trauma..itu yang bikin susah :(

    ReplyDelete
  17. Sangat menginspirasi. Saya juga menderita hal yg sama. Semoga bisa pulih seperti sedia kala. Aminn..

    ReplyDelete
  18. Q jg merasakan seperti yg kalian rasakan teman... hmpir tiap hri mrasakn mual dan kpla kliyengan tpi tdak berputar bdan lemes smpe kluar kringat dingin... takut tiba2 pingsan...

    ReplyDelete
  19. Insya Allah bisa sembuh kok.. :) been there done that..terima kasih ya sharing nya bagus banget..kita semua sehat..aamiin

    ReplyDelete
  20. Ada informasi bro dan sis sekalian,, saya dpt info di rs mahkota bisa membantu kita untuk penyembuhan internis.. kebetulan saya rencana mau kesana berobat gastroduodenitis kronis aktif.. sama2 belajar untuk sembuh :) klo butuh sharing bs bareng saya 081236560080

    ReplyDelete
  21. Terima kasih informasinya, Saya pingin tau olah raga yg dilakukan apa ya ??

    ReplyDelete
  22. Terima kasih infonya sangat membantu, olah raganya apa ya yg baik dilakukan untuk memperbaiki katup lambung??

    ReplyDelete
  23. Thanks infonya. Berharap bisa cepat sembuh karena lelah kalau sakit terus menerus seperti ini.

    ReplyDelete
  24. Selamat siang semua orang nama saya Lisa vedal dari Florida USA, saya memiliki kesempatan besar untuk shell kesaksian ini tentang bagaimana saya mendapatkan obat untuk HIV saya, dua yeas lalu saya HIV positif sehingga saya menderita itu aku sedang melakukan satu hal atau untuk mendapatkan obat ada tahu cara untuk itu jadi aku berada di pencarian perjalanan di internet saya melihat kesaksian dari seorang pemuda, berbicara tentang bagaimana Dr Abele membantunya mendapatkan disembuhkan HIV dengan obat herbal, aku terkejut dan aku tidak percaya aku berkata apa-apa saya mencoba dia saya hubungi dia di alamat email dan dia memberi saya intrusi dan aku mengikutinya dia mengatakan kepada saya apa yang harus dilakukan dan saya melakukannya setelah 5 hari ia mengirim saya obat yang benar DHL dan saya menerima cepat dia mengatakan kepada saya bagaimana menggunakannya dan saya melakukannya setelah dua minggu dia mengatakan kepada saya bahwa saya harus pergi untuk tes saya melakukannya dan aku takut kemudian di tes keluar saya sangat mengherankan bahwa saya HIV negatif saya jadi sangat senang saya tidak percaya itu kita bekerja dan saya kita menjadi HIV negatif, sekarang saya senang dengan suami saya dengan dua anak saya, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengatakan ini jika Anda memiliki jenis penyakit yang disebut HIV saya ingin Anda untuk menghubungi dia di adalah email (drabelesolutionhome@gmail.com) dan ia juga dapat membantu Anda mendapatkan obat untuk penyakit HPV atau penyakit dengan obat herbal nya. semua harus Anda lakukan adalah untuk percaya padanya. terima kasih Dr saya mungkin Tuhan memberkati Anda. atau jika Anda ingin menyesuaikan dari saya Anda menghubungi saya di email saya lisavedal@gmail.com.or memanggilnya pada ponsel nomor 2348119020294.

    ReplyDelete
  25. Makasiih mas. Saya juga kena GERD bahkan dan bahkan sudah di RS dua kali dulu di vonis stroke. Ternyata GERD. Insyaallah postingan ini sangat inspiratif. Terima kasih

    ReplyDelete
  26. Sy sekarang sedang mengalami hal tersebut , sampai ga tau harus gmna lg. Sedikit tenang setelah baca ceritanya , semoga semua cepat sembuh..amin

    ReplyDelete
  27. Terimakasih sharing nya...membantu sekali.

    ReplyDelete
  28. Mas chiko...gmana dengan ibu hamil dengan riwayat gerd sebelumnya?

    ReplyDelete
  29. bermanfaat banget tulisan ini. saya juga menderita gerd. saya juga ingin sembuh, gk nyaman banget pnya pnyakit gerd.

    ReplyDelete
  30. Gerd disebabkan oleh kondisi tidak sinkronna atas beberapa bagian di dalam tubuh anda. Asal usul gerd berasal dari psikosomatik akibat dari pencarian sebab musabab pencarian. Selama tidak diketemukan cara yg tepat sulit akan mendapat kesembuhan. Perlu diketahui bahwa penderita gerd memiliki kemampuan untuk mendekatkan diri kpd tuhan na melebihi orang biasa. Persoalanna adalah apakah anda mampu memelihara kebaikan sebagai wujud pendekatan diri kepada tuhan sehingga menjadi match antara ruh yg menghidupi kita dengan tubuh fisik sebagai media ruh. Temen2 bisa ceritain pengalamanya Gabung aj d SELF KNOWLEDGE FOR GERD wa 083876333044

    ReplyDelete
  31. Puas... Komplit jelas.dan sama bangt sm yg saya alamin skrang.

    ReplyDelete
  32. Sy jg sdh 3bln di vonis asam lambung tp sy tdk terlalu merasakan heartburn dan sakit kerongkongan.justru yg sy sering rasakan tiba2 lemas dan sesak.punggung seperti di tusuk2 seperti kena fudu mungkin ya kasarnya.hehe.yg pasti sgt mengganggu aktivitas sy krna sy hrs mengurus anak yg msh balita.yg sy mau tanyakan apakah sakit sy itu gerd?karena dokter tdk bilang gerd malah sy hrs cek darah tp blm sy lakukan.mohon yg punya pengalaman sprti saya saran dan masukannya.trimakasih

    ReplyDelete
  33. Saya juga terkena Gerd dan GAD perasaan
    Saya sekarang udah mendingan,,, yg saya rasakan persis seperti yg di ceritakan di atas ,, gangguan cemas saya sekarang udah agak mendingan ,yaitu dengan cara kita harus yakin kalo kita itu gk sakit
    Parah yg seperti kita rasakan kita yakin kalo ini cuman gangguan cemas ,dengan cara cek fisik biar kita benar benar yakin,dan juga banyak lah beribadah berdzikir dan berdoa mohon ampun ke pada Allah, itu cara saya menghilang kan gangguan cemas ,, Selanjut nya tinggal penyembuhan Gerd dengan cara hidup sehat, semoga bermanfaat dan semoga penyakit kita di sembuh kan amiiin

    ReplyDelete
  34. Saya juga terkena Gerd dan GAD perasaan
    Saya sekarang udah mendingan,,, yg saya rasakan persis seperti yg di ceritakan di atas ,, gangguan cemas saya sekarang udah agak mendingan ,yaitu dengan cara kita harus yakin kalo kita itu gk sakit
    Parah yg seperti kita rasakan kita yakin kalo ini cuman gangguan cemas ,dengan cara cek fisik biar kita benar benar yakin,dan juga banyak lah beribadah berdzikir dan berdoa mohon ampun ke pada Allah, itu cara saya menghilang kan gangguan cemas ,, Selanjut nya tinggal penyembuhan Gerd dengan cara hidup sehat, semoga bermanfaat dan semoga penyakit kita di sembuh kan amiiin

    ReplyDelete
  35. Cara hilangkan cemas,yaitu yakin bahwa Anda cuman gangguan cemas gk ada sakit yg berbahaya , , periksa kan ke dokter biar tambah yakin ,

    ReplyDelete
  36. sama yg aku rasakan. tp justru GERD krna psikis dlu sebabny stres n cemas. udah 3 buln ane berhenti rokok total. trnyta bikin ane kualahan tu psikis ny. brat cuy .jd awale krn ada dendam mungkin ap hubngan batin yg putus ..klo ane amp d hypnoterapi alhamdulillah ktakutan hilang .ampe trapi gelombang otak lewat youtube bisa..lo pikiran dah tenang ane jamin GERDA ilang. tp pola makan jg hrs ndukung .jng pedes dlu n pantangn GERD

    ReplyDelete
  37. Kenapa saya di keluarin dri grup mba early

    ReplyDelete
  38. Kenapa saya di keluarin dri grup mba early,pdhal saya butuh banget info nya.

    ReplyDelete
  39. Kenapa saya di keluarin dri grup mba early

    ReplyDelete
  40. Hampir 2 pekan lalu, dokter berkata saya kena GERD. Awalnya saya panik.. Sekarang cuma bisa banyak2 baca artikel, makan dengan pola food combining dengan harapan bisa lebih cepat sehat, serta minum obat dokter. Tapi insyallah saya yakin.. I will be strong girl. Pasti bisa sehat.. Walo menderitanya gila sih.. Mau ngapa2in ga nyaman.. Kata dokter saya, SETRES itu pemicu utama asam lambung naik.. Senang ada teman seperjuangan melawan GERD. 🙏🏼

    ReplyDelete
  41. Saya juga merasakan gejala yg sama hampir semunya sama malah, tapi setelah membaca sedikit tenang dan ingin mencobanya mudah2an bermanfaat sembuh, ohiya buat merasakan seperti diatas lekas sembuh ya, terimakasih artikelnya. Facebook : Christian T Nugroho Instagram : tiangroho

    ReplyDelete
  42. Saya juga mengalami gejala yg sama persis tapi setelah membaca artikel diatas sedikit tenang dan merasa tidak hanya saya saja yg mengalami gejala seperti itu, dan ingin mencobanya semoga bermanfaat cepat sembuh, mudah2an yg lain juga lekas sembuh ya. Facebook : Christian T Nugroho Instagram : tiangroho

    ReplyDelete
  43. Ada yg punya pengalaman dan cerita yg menguatkan lg tdk teman2....

    ReplyDelete
  44. Kl buat aku masalah yg paling sulit ut d kendalikan dlm penyembuhan asam lbung at gerd ad pikiran, kr aku sdh mengalaminya sangat2 berat dlm mengendalikan pikiran, kr hati yg senang ad obat yg pling top & manjurr

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah, ternyata bukan saya aja yg ngalamin sensasi yg sama, alhamdulillahnya bukan kerena bnyaknya penderita ya, tapi lebih ke trnyata bisa sembuh...kita saling mendoakan saja, bagi yg muslim ini adalah kesempatan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah swt sang pencipta, dengan terus ikhtiyar ya kawan, kita saling mendoakan semuanya...terimakasih banyak sharing ny alhmdulillah

    ReplyDelete
  46. Makasih abang untuk pengalamannya
    Saya juga terkena gred dan ANXIETAS, PSIKOSOMATIS .... sapikir saya terkena gangguan jantung .... tapi gimana ya kalo ngilangin trauma

    ReplyDelete
  47. Ini persis yang saya rasakan hingga kini, mau tanya dong konsumsi obat PPI nya apa dan berapa lama gan? Smga djwab gan.

    ReplyDelete
  48. Yang mau share penyembuhan penyakit takut mati dan susah tidur call me 082189447415..

    ReplyDelete
  49. Yang mau sharing mengenai TAKUT MATI dan SUSAH TIDUR.. call me 082189447415..

    ReplyDelete
  50. Call me at 082189447415

    ReplyDelete
  51. saya telah berangsur sembuh dr penyakit gerd fgn pengobatan alami.bagi saudara saudari yg ingin bertanya caranya silahkan hub saya,saya akan dengan senang hati berbagi.082173558545.nb ; telpon saja jgn di sms

    ReplyDelete
  52. Terima kasih atas semua infonya...GBU

    ReplyDelete
  53. sangat membantu sekali terima kasih postingannya semoga kita sehat semua amin ya rabbal alamin

    ReplyDelete
  54. Apakah penyakit asam lambung bisa sembuh secara total..

    ReplyDelete
  55. Penyakit ini sering kambuh...bila telat makan bisa kambuh lagi

    ReplyDelete
  56. Penyakit ini sering kambuh...bila telat makan bisa kambuh lagi

    ReplyDelete
  57. Trimkasih ats berbagi penglamannya.

    ReplyDelete
  58. chiko, apa kamu menderita hernia hiatal ? saya juga !

    Hernia hiatal itu lebih dari sekedar GERD saja ... sebenarnya yang perlu dikuatirkan terutama bukan masalah gerd-nya, tetapi hernia hiatal ! karena hernia hiatal menyebabkan berbagai gangguan, yaitu:

    - rasa ketat / penuh / tercekik di bagian ulu hati. Rasa ketat / cekikan ini mungkin disebabkan oleh kondisi organ lambung yang terherniasi dan jika dibiarkan lama-kelamaan bisa saja bagian lambung yang terherniasi menjadi organ mati karena kekurangan suplai darah pada bagian organ tersebut.

    - mengganggu fungsi diafragma di dalam proses pernapasan sehingga diafragma tidak dapat berkontraksi penuh pada waktu kita bernapas, oleh sebab itu penderita hernia hiatal selalu merasa susah mengambil napas secara penuh.

    - tremor (getaran di sepanjang tubuh) yang mungkin disebabkan oleh 2 penyebab, yaitu:
    > aktivitas kontraksi (gerakan peristaltik) yg dilakukan oleh lambung sementara lambung juga terperangkap di diafragma sehingga diafragma juga ikut bergetar dan seluruh tubuh juga ikut bergetar.
    > penjepitan saraf-saraf vagus nerve yang melalui lambung, dan juga saraf aorta (karena saraf aorta posisinya berada di dekat lubang esofagus (aorta hiatus dan esophagus hiatus)) sehingga saraf-saraf tersebut mengecil dan menyebabkan tersumbatnya sirkulasi darah yang melalui saraf vagus nerve dan saraf aorta sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

    - ukuran hiatal hernia yang besar di dalam rongga dada bisa juga menekan jantung sehingga menyebabkan masalah jantung yang serius.

    - yang terakhir adalah masalah gerd karena menghilangnya fungsi les.

    hiatal hernia hampir selalu disamakan dengan gerd, tetapi bagi saya (karena saya juga menderita hernia hiatal), GERD HANYALAH SALAH SATU DARI BANYAK MASALAH YANG DAPAT DISEBABKAN OLEH HERNIA HIATAL. Jadi masalah utamanya bukan gerd, tapi hernia hiatal.

    Penyakit ini telah banyak menghancurkan hidupku. Dan banyak masyarakat dan bahkan dokter spesialis gastro yang tidak mengenal bahwa penyakit ini benar-benar suatu penyakit yang serius dan harus dibedakan dari jenis-jenis hernia yang lain karena bahaya hernia hiatal tidak hanya pada strangulasi dan gerd, namun juga berdampak pada saraf, jantung, paru-paru, dan seluruh anggota tubuh.

    ReplyDelete
  59. saya punya website yang saya buat khusus untuk mengupas masalah hernia hiatal (berbahasa inggris). tapi belum selesai saya isi semua artikelnya, namun pendahuluannya sudah saya tulis. boleh berkunjung ke halaman blog saya : http://uncoverhiatalhernia.blogspot.com

    ReplyDelete
  60. Terima kasih mas atas sharing nya sangat membantu sekali buat saya,krn sy juga mengalami hal sama dengan teman2 yg lain,kalau boleh bisa sy minta nomer hp nya mas?utk sekedr sharing dan ada pertanyaan yg ingin sy tanyakan kepada mas.
    Terima kasih banyak mas

    ReplyDelete
  61. Satu pencerahan yg sangat membantu sesama pengidap gerd, saya sudah lama mengidap gerd namun baru satu bulan ini saya baru menyadari bhw saya terserang gerd, tadinya saya sempat putus ada dgn pwnyakit ini namun setelah membaca artikel ini saya kembali optimis, salam buat semua semoga kita bisa di beri kesembuhan oleh Allah SWT, AMIN

    ReplyDelete
  62. haloo aku mau tanya tanya dong, boleh kirim kontak ke email aku silvianrd17@gmail.com

    ReplyDelete
  63. Hidupku indah karena kamu Mein Helfer. Maafkan jesus ke dalam hidupku sebagai cahaya lilin dalam kegelapan. Anda menunjukkan kepada saya arti iman dengan kata-kata Anda. Saya tahu bahkan ketika saya menangis seharian memikirkan bagaimana sembuh, Anda tidak sedang tidur karena Anda sayang untuk saya. Saya menghubungi pusat herbal Dr Itua yang tinggal di Afrika barat. Seorang teman saya di Hamburg dia juga berasal dari Afrika, Dia bercerita tentang ramuan herbal di Afrika tapi saya sangat gugup. Saya sangat takut saat datang ke Afrika karena saya mendengar banyak hal jahat tentang mereka karena kekristenan saya, saya berdoa untuk Tuhan untuk arahan, saya mengambil langkah berani dan menghubungi dia di email lalu pindah ke whatsapp dia bertanya apakah saya bisa datang untuk perawatan atau ingin melahirkan, saya bilang saya ingin menemuinya saya membeli tiket 2ways ke Afrika untuk bertemu dengan Dr Itua, saya pergi ke sana dan saya terdiam. Dari orang-orang yang saya lihat di sana. Orang-orang yang sakit dan sakit. De Itua adalah tuhan yang dikirim ke dunia ini, saya memberi tahu Pendeta saya tentang apa yang ada, Pastor Bill Scheer Kami mengadakan Pertempuran Nyata dengan Semangat Dan Flesh.worship pada malam yang sama, Dia berdoa untuk saya dan meminta saya untuk memimpin, Saya menghabiskan waktu 2 minggu dan 2 hari di Afrika di Rumah Sakit Dr Itua, Setelah perawatan Dia meminta saya untuk menemui perawatnya untuk tes hiv ketika saya melakukannya negatif , Saya quitely meminta teman saya untuk membawa saya ke rumah sakit terdekat lainnya ketika aku sampai di sana itu adalah negatif.Aku adalah luar biasa M dengan hasilnya, Tapi bahagia di dalam diriku. Kami pergi ke Dr Itua, saya berterima kasih padanya tapi saya jelaskan kepadanya bahwa saya tidak memiliki cukup untuk menunjukkan aprecaition saya dia mengerti situasi saya tapi berjanji untuk memberi kesaksian tentang karya bagusnya. Terima kasih Tuhan untuk sahabatku, Emma aku tahu dia mungkin sedang membaca ini sekarang, aku ingin mengucapkan terima kasih. Dan terima kasih banyak kepada Dr. Itua Herbal Center. Dia memberi saya kalender yang saya tempatkan di dinding saya di rumah saya. Dr Itua Bisa Menyembuhkan Penyakit Berikut ... Kanker, Hiv, Herpes, Hepatitis B, Peradangan Hati, Diabetis, Anda dapat menghubungi dia di email atau apa, @ .. drituaherbalcenter @ gmail.com, nomor telepon .. + 2348149277967 .. Dia Dok yang bagus, Bicaralah padanya dengan baik. Saya yakin dia akan mendengarkan Anda juga.

    ReplyDelete
  64. Sayapun mengalami nyeri dada dan heartburn. Enerapa terakhir belakangan ini. Dan ketika sesak nafas saya pergi ke emergency SOS cipete.. dari sana saya mendapati diagnose ini yg saya duga jantung krn nyeri di bagian dada kiri. Dan pihak SOS menghubungi saya kembali utk mencari tau keadaan saya sekarang. Jika ada hal yg serius saya hrs menghubungi dokter yg telah direkomendasikan. Saya msh dalam taraff pengobatan. Terima Kasih semua teman2 disini atas sharing nya. Ternyata saya tdk sendirian.
    Tetap semangat dan sehat terus ya...

    ReplyDelete
  65. wah mas super sekali sharingnya...Izin copas untuk jadi referensi artikel saya boleh ya

    ReplyDelete
  66. Saya juga lagi psikosomatis saya abis trauma sesuatu, saya sesak nafas sama insomnia. Rekan2 disini ada yg lagi usaha brobat ke psikiater gak? Pengalamannya gmana setelah kesana?

    ReplyDelete
  67. Terima kasih atas pengalamannya. Saya juga mengalami hal serupa dan ini sangat membantu saya.
    Semoga kita semua lekas sembuh.

    ReplyDelete
  68. Assalamu alaikum. saya pendatang baru, baru sekitar 2 minggu mengalami gejalanya. semoga kita semua bisa sembuh. amiin.
    yang mau sharing tukar pikiran silahkan kontak saya di nomor 082195742644

    ReplyDelete
  69. Gejala seperti yang sy alamai skrg. Ketakutan yang luar biasa, takut mati, panik, dikit2 dihubungkan sama kematian, perut kembung, sesak, nyeri ulu hati. Semoga tuhan memberikan kesembuhan total untuk kita semua.Amin

    ReplyDelete
  70. Gejala seperti yang sy alamai skrg. Ketakutan yang luar biasa, takut mati, panik, dikit2 dihubungkan sama kematian, perut kembung, sesak, nyeri ulu hati. Semoga tuhan memberikan kesembuhan total untuk kita semua.Amin

    ReplyDelete
  71. infonya sangat menginapiraai... saya juga lagi terkena gerd nerobat ke prof algi lambung uda tapi masih serung kambuh karena kecemasan yg sangat...

    ReplyDelete

Popular Posts