Friday, December 5, 2014

Hiatal hernia mempengaruhi Saraf Vagus (GERD)


Suorce aslinya pada sudah saya translatekan :
http://www.balancedconcepts.net/Hiatal_Hernia.pdf
By: Steven H. Horne

Sources
For more information about the problem of hiatal hernias, read the book "Hiatal Hernia Syndrome: Insidious Link to Major Illness" by Theodore A. Baroody, Jr., M.A., D.C., "Hiatus Hernia" by Penny Hemphill from an Australian Magazine, Nature & Health, and "Chiropractic Handout".

Translatenya sebagai berikut dari :

Istilahku Si Seribu Muka
Hernia hiatal bisa disebut dengan istilah "penyakit seribu muka"..kerena menimbulkan banyak gangguan pada tubuh kita, orang-orang dengan masalah ini akan mendapatkan rasa nyeri atau sakit yang parah disekitar dada mereka dan mereka akan mengira ini adalah serangan jantung, atau mungkin mereka berpikir ini adalah akibat asam lambung yang berlebih setelah mereka makan atau lainnya dan mereka akan berpikir sedang menderita sakit maag.

Apakah Hiatal Hernia?
Ketika anda menelan makanan akan melewati saluran percenaan atas dari kerongkongan (esophagus) yang bentuknya seperti pipa dan kemudian masuk kedalam lambung kita, pipa saluran perncernaan itu akan melewati otot-otot yang dikenal dengan nama diafragma yang terletak didekat pada bagian bawah tulang rusuk anda, nah pada saat makanan akan masuk kedalam lambung melewati diafragma maka akan terjadi pembukaan pada katup lambung atau kita kenal dengan (lower esophageal sphincter (LES)) yang bekerja dan diatur oleh otot sfinnger, sfinnger kemudian akan bekerja kembali untuk menutup dan mencegah asam lambung naik ketenggorokan setelah makanan masuk kedalam lambung kita. Hiatal Hernia akan terjadi apabila bagian atas dari lambung bergulung atau bergeser dan akan terjebak disana. jadi intinya hiatal hernia mencegah sfingter esofagus menutup sepenuhnya, sehingga menyebabkan asam lambung dapat masuk ke esofagus dan menyebabkan heartburn dan gejala lainnya.

Gejala
Secara normal ketika bagian dari lambung dalam posisi terbuka maka sfingter tidak dapat lagi menutup dengan sempurna, oleh sebab itu maka asam lambung akan naik keatas kerongkongan sehingga menimbulkan banyak gejala2.
Masalah pada Lambung ini dapat juga memicu stress pada saraf vagus, yang kemudian akan merangsang pelepasan asam klorida. hal ini juga mempengaruhi pengurangan atau kelebihan sekreasi asam dan enzim lambung. Hal tersebut diatas akan mempengaruhi kinerja sfingter atau katup bagian bawah lambung sehingga akan terjadi kebocoran pengeluaran dari isi lambung.
Hiatal Hernia juga akan mengganggu pergerakan otot diafragma. Otot ini secara normal bekerja menarik kebawah untuk memperluas kapasitas dada dan paru-paru untuk mengembang. Oleh sebab hernia hiatal mengganggu gerakan ini maka penderita akan mengalammi masalah nafas yang pendek atau berat atau kesulitan untuk menarik nafas dalam-dalam.
Kerongkongan juga dapat bermasalah yang akan menggangu atau mengiritasi kelenjar tiroid dan dapat menyebabkan kesulitan dalam menelan dan seringkali penderita hernia hiatal akan juga merasakan kesulitan menelan kapsul karena mendapatkan sensasi seperti ada sesuatu yang mengganjal dalam kerongkongannya.
Iritasi pada saraf vagus dapat menyebabkan masalah atau gejala secara spontan pada seluruh tubuh, Syaraf vagus terhubung dari medula ke jantung, kerongkongan, paru-paru, lambung, usus, kecil, hati, kandung empedu, pankereas dan usus besar. Syaraf ini ini juga terhubunng ke ginjal, kandung kemih, dan alat kelamin. Dengan demikian hernia hiatal dimulai dengan ketidakseimbangan sistem pada penurunan asam lambung yang meningkat dan ketidak seimbangan PH dalam usus dan tempat lain.
Pada kasus jika seseorang mengalami masalah pada pencernaan karena kurangnya pruduksi asam lambung, mereka akan mengalami kesulitan pada pencernaan dan penyerapan protein dan sebagian mineral. Hal ini juga memberikan konstribusi pada pengelolahan makanan dalam usus, yang dapat menyebabkan keracunan, kurang gizi, alergi makanan, sembelit, anemia dan kelemahan sistem kekebalan tubuh dan kelenjar..hehehe teman2 asam lambung kalo berlebih jangan disalahin kalo kurang malah bahaya.
2 masalah lain pada hiatal hernia yaitu dapat berkontribusi besar mempengaruhi pada orang2 yang berpenyakit asma dan jantung kerean hernia mengurangi kapasitas paru-paru dan menganggu pernafasan alami. ini bisa menjadi faktor penyebab asma. Hernia juga dapat menekan pada jantung akibat, Gas dalam usus dapat menekan pada hernia dan mendorong naik keatas pas dibawah jantung.

Penyebab
Pertama Penyebab hernia hiatus biasanya berbeda untuk setiap orang, namun ada sejumlah penyebabnya, pertama-tama kemungkinan adalah penyebab secara mekanik fisik luar. Sering mengangkat benda berat, sering batuk secara keras, pukulan keras, pakaian ketat, kegemukan. Masalah ini terjadi akibat apabila udara tidak dikeluarkan dari paru-paru sambil mengangkat benda berat hal ini akan memaksa isi lambung keluar ke kerongkongan.
Kedua akibat diet, teman2 yang ini saya lewatkan karena kurang penting penjelasannya…intinya disini masalah diet mempengaruhi hiatal hernia akibat masalah pada katup ileocecal yaitu katup antara usus kecil dan usus besar, cuma penulisnya mengatakan relasi antara katup ileocecal dan hiatal hernia belum jelas seperti menjelaskan mana duluan antara ayam atau telur.
Yang terakhir akibat masalah emosional atau pikiran, menurut salah satu artikel kinesiologist, masalah hernia hiatal berasal dari kemarahan yang ditekan..apabila sesesorang menekan kemarahan mereka dan tidak bisa menyalurkannya maka apabila anda marah akan menarik nafak keatas dan apabila anda gagal melepaskan kemarahan ini..maka lambung anda akan tetap diatas…dari banyak penelitian sebagian besar penyebab hernia hiatal erasa dari stress emosional.

Identifikasi
Cara termudah untuk mengetahui apakan anda memiliki hernia hiatal coba letakkan jari-jari anmda pada posisi solar Plexus yaitu pas tepat dibawah tulang dada (dekat dengan ulu hati), kemudian ambil nafas dalam2…seharunya anda akan merasa solar Plexus berkembang dan bergerak keluar..apabila tidak ada gerakan pada ulu hati anda dan anda harus mengangkat dada dan bahu untuk mengambil nafas dalam2 maka anda memiliki ,masalah hernia hiatal, anda harus dapat mengambil nafas dalam2 tanpa mengangkat bahu anda.
Ada metode lain yang lebih rumit, untuk menentukan anda memiliki masalah hernia hiatal, seperti pengujian otot.

Perbaikan Hernia Hiatal
Karena hernia hiatal merupakan masalah mekanis pada tubuh kita, cara terbaik dan termudah untuk memperbaikinya secara mekanis, dokter akan berusaha mengoperasi dan memperbaikinya tetapi hasilnya cenderung tidak berhasil. Metode yang paling baik untuk memperbaiki hernia adalah dengan memasukkan jari-jari anda dan memperbaiki posisi katupnya itu sendiri, tapi hal ini tidak mungkin…hehehe..janagn kuatir anda dapat mencari seorang chiropractor yang hebat untuk ini, kinesiologit akan diterapkan untuk memperbaikinya atau anda bisa mencari pijat terapis yg memahami masalah ini.

Penyesuaian Diri
Anda beberapa teknis penyesuaian diri dengan masalah hernia hiatal, metode tidak berhasil bagi sebagian orang tetapi cara ini adalah yang terbaik buat saya, saya selalu meminum setengah liter air hangat aling pertama dipagi hari kemudian saya akan berdiri diatas jari-jari kaki saya (jinjit), dan menjatuhkannya tiba2 beberapa kali. Air hangat akan membantu lambung untuk lebih rileks dan diafragma dengan menempatkan beban pada lambung. Dengan jinjit kemudian melepaskan jinjit secara tiba-tiba maka berat air akan membantu untuk menarik lambung kebawah….hehehehe…saya jadi teringat ajaran dari Prof Daldiyono disalah satu blognya.
Penyembuhan Dengan Nutrisi atau Makanan
Selain terapi mekanis, terapi gizi bisa sangat membantu untuk masalah hernia hiatal ini, tetapi ini sementara untuk menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan dengan menggunakan ramuan herbal2 seperti slippery elm(tumbuhan apa ini?) atau comfrey. (tumbuhan apa ini?) Tumbuhan ini menyerap sekresi pencernaan dan membantu mencegah asam lambung esofagus. Tumbuhan ini juga juga membantu untuk mencegah iritasi dari katup ileocecal. Comfrey juga dapat mempercepat penyembuhan masalah mekanikal yang telah terjadi. Okra pepsin merupakan kombinasi yang baik untuk masalah ini juga.
Marshmallow juga membantu untuk menenangkan selaput lendir untuk hernia hiatal dan masalah lambung lainnya dalam sistem pencernaan. Penyembuhan dengan makanan akan membantu orang mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk maslaah hernia.
Berikut ini adalah bentuk suplemen asam klorida atau tablet enzim, atau mungkin herbal-herbal seperti pepaya dan peppermint, chamomile tea, safflowers, jahe dan sebagainya.
Produk makanan atau ramuan lain yang baik untuk digunakan untuk membantu penderita hernia hiatus meliputi: baku jus kubis (di mana telah terjadi ulserasi), balsem, air barley, beras merah, seledri, ketumbar, gentian(apa ini?) , hop(apa ini?) , licorice(apa ini?) , marshmallow(apa ini?) dan bunga gairah.
Memperbaiki cara diet mungkin diperlukan untuk meringankan masalah dan untuk menjaga masalah hernia hiatal akan timbul lagi setelah sembuh. Oleh sebab tekanan gas dalam lambung dapat mendorong perut ke atas dan menyebabkan hernia hiatal, dianjurkan untuk menghindari makanan pembentuk gas tinggi seperti kacang-kacangan. Dan sangat baik sekali apabila kita mengkombinasikan makanan secara hati-hati dan menghindari makan yang berlebihan. Dr Jack Ritchason merekomendasikan bahwa orang dengan hernia hiatus menghindari makan makanan berat setelah jam 03:00 PM Sore.

Di bawah ini Anda akan menemukan daftar gejala yang akan membantu Anda dalam mengidentifikasi orang-orang yang memiliki masalah ini sehingga mereka dapat mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Apa yang dimaksud dengan Hernia Hitatal?
disini saya update sedikit pengertiannya:
Hernia hiatal merupakan kelainan anatomi di mana bagian perut menonjol melalui diafragma dan naik ke dada. Biasanya, kerongkongan melewati melalui dada, melintasi diafragma, dan memasuki perut melalui sebuah lubang di diafragma yang disebut hiatus esophagus. Tepat di bawah diafragma, kerongkongan dan lambung. Tonjolan dari lambung melalui hiatus disebabkan oleh salah satu jaringan di sekitarnya yang lemah atau otot sfingter gagal bekerja atau lemah (LES) . Jika katup di dasar dari esofagus, lower esophageal sphincter (LES) lemah maka dapat mendorong naik asam lambung naik ke kerongkongan.

Kondisi ini dapat membuat masalah pada pencernaan serta kesulitan bernafas, masalah pada saraf, masalah pada peredaran darah dan ketidakseimbangan kelenjar. Semua gejala tersebut terhubung dengan hernia hiatus. Jika Anda memiliki beberapa gejala ini terutama yang ditandai dengan tanda bintang (*) Anda mungkin ingin mempertimbangkan masalah penyakit ini.

KESULITAN Dalam pencernaan
* Bersendawa, *Kembung, *Dada terbakar, * Mulas, * Kesulitan mencerna daging / makanan berprotein tinggi, Ketegangan atau tekanan di sekitar ulut hati, sensitif pada masalah pinggang, banyak gas usus, Regurgitasi, cegukan, atau kurangnya nafsu makan, Mual, Muntah, Diare, Sembelit, Kolik pada anak-anak, kesulitan dalam memperoleh berat badan atau kegemukan, Luka pada lambung.

MASALAH SIRKULASI NAFAS
* Kesulitan menarik nafas dalam-dalam, * Kesulitan dalam menelan kapsul, * Asma, * Ketidakmampuan untuk mengambil napas dalam-dalam dari diafragma, Lemas, Seperti kesulitan untuk mendapatkan oksigen, Alergi, Batuk kering, Rasa penuh pada tenggorokan atau ada sesuatu dalam tenggorokan , Nyeri atau terbakar pada dada bagian atas, Serasa seperti ada tekanan di dada, Nyeri pada sisi kiri dada, tekanan di bawah tulang dada, Nyeri pada sisi kanan dada, Jantung berdebar, peningkatan cepat tekanan darah, Nyeri di bahu kiri, lengan atau sisi leher.

MASALAH STRUKTURAL
TMJ, Grinding gigi dalam tidur, Nyeri sendi, nyeri tulang belakang atau keseluruhan, Sakit kepala.
PEMICU AKIBAT STRES
* Sering menyimpan kemarahan atau emosi lainnya, * Hidup dengan atau memiliki hidup dengan orang yang cepat marah, Pening, Mudah goyah, Kebingungan Mental, Serangan Panik, Insomnia, Hiperaktif pada anak-anak.
Akibat Penyakit lain
* masalah pada katup ileocecal, * Penyakit umum, * Kesulitan dalam mendapatkan atau tetap sehat, masalah tiroid, Pengidap diabetes atau komsumsi alkohol, masalah haid atau prostat, kesulitan kencing, Suara serak.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  11 comments:

  1. salam kenal.
    di Jakarta apakah ada chiropractor yg bisa benahi hiatal hernia? saya juga terdiagnosa hiatal hernia setelah endoskopi. pernah ke prof Daldiyono, C Aulia, P Simadibrata dll. Secara umum sih kayaknya belum parah tapi lumayan mengganggu kalau lagi kambuh, apalagi sakit dadanya bisa bikin jiper takut itu cardiac-related.

    ReplyDelete
  2. Jontowel, setahu saya belum ada, coba olahraga renang atau joging, kalau hiatal hernia type sliding kemungkinan sembuhnya besar.

    ReplyDelete
  3. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  4. Halo, hebat juga ya mas chiko udh ampe tau sejauh ini.. sy jg liat video mas chiko d youtube.. aktif sekali nich ampe jadi pengurus GAI... saya kena gerd udh 3 taunan.. sama spt anda, sy jg searching2 tentang penyakit ini...bahkan udh pernahvkepikiran buat operasi lynx (metode baru)... saya yakin yg paling menggangu pasti sesudah makan kan yaaa.. biasanya sendawa tapi bukan kkenyangan, bahkan saya bisa ngerasain symptom ini dengan cuman minum segelas air... perut kaya bunyi n bereaksi ke sendawa.. kadang2 kaya sendawa di dada sendiri
    .. 90% org kena hernia hiatal nganggap GERD lambung bermasalah... padahal hiatal hernia nya ilang, gerd nya sembuh jg loh... ini gejala soalnya tumpang tindih... ada juga nganggap kena gerd karena TMJ(thyroid disorder)... pake tricknya yg mana mas nyembuhin hiatal?? David williams yaa?

    ReplyDelete
  5. Wah, mas chiko hebat juga yaa udh sampe hiatal hernia jg obaervasinya... 90%org kena gerd pasti mikir lambungnya yg bermasalah, pdahal hiatal hernia penyebab utamanya... sy jg kena gerd udh 4taunan, kmrn2 hampir mikir mau operasi les dgn metode baru lynx.. tpi sy baca2 lgi, kita hrus tau penyebab utamanya apa.. semakin banyak org yg kena acid reflux, semakin yakin kalo itu tuh sebenarnya cuman symptom dari masalah lain.. jdi gerd itu akibat, bkn karena sebab... pake cara jinjit trus loncat d lantai bagian tumit itu ikutin tricknya dr david williams ya??? Ada jg self massage therapy... coba yg dr dahlman... itu membantu... tpi semakin ksini semakin saya yakin, 90% penyebab gerd (terutama yg sering sendawa terutama sesudah makan biasanya), kalo ga hiatal ya food intolerance.. itu ajaa menurut saya.. sy parah jg mas chiko, bahkan sy bisa reflux hanya dengan minum segelas air... bayangin.. ay jg sama banyak2 baca dri inet... kalo mnurut ilmu medis, kalo sebab karena betul2 lambung bermasalah 6 bulan ato 2 bulan aja(sesuai dengan yg dr ari fahrial bilang) hrusnya sembuhbkok, cuman saya udh bertaun2 ngerasain symptom ini.. jdi sebelum operasi ay nulai baca2 lagii n lg dalam ngebetulin hiatal saya... hehee

    ReplyDelete
  6. Salam kenal, iji bergabung dng grup di facebooknya bisa mas?

    ReplyDelete
  7. Om chicko kalo misalnya nafas pendek terus menerus selama berbulan bulan itu krn apa ya

    ReplyDelete
  8. Om kalo nafas pendek selama berbulan bulan itu kenapa ya

    ReplyDelete
  9. bang Chico saya salah satu member GAI,jika saya baca dari tanda atau gejala diatas kayaknya mirip2 dengan yg saya rasakan terutama kesulitan bernafas, susah menarik nafas dalam2, dada terasa berat dan nafas pendek. kira2 langkah apa yg harus saya lakukan utk memastikan apa yg saya keluhkan?

    ReplyDelete
  10. Saya juga mengalami masalah yg sama ini.tambahan saya punyai asma.jadi sulit jika menarik napas dlm2.udah 3 tahun kayak gini.mkn ubt doktor juga masih nggak ada bedanya.apa penyelesaian utk penyakit gerd & hiatal hernia ni?mohon dibantu saya yg masih kebuntuan ini.makasih.

    ReplyDelete
  11. umumnya awal munculnya step 1 hingga step 4 butuh ketika selagi 2-3 minggu.

    diwaktu persoalan ini sehat, virus Herpes simplex tidaklah penyap malahan mengendap di sel-sel saraf, menjauh bersumber system daya tahan, maka kepada keadaan tertentu virus ini bisa unjuk sedang ke tekstur kulit dan menjelmakan bengkak ulang.

    nanah ujian umumnya dipicu oleh :

    - Sengatan surya buat bibir
    - Demam
    - Flu/pilek
    - iklim dingin
    - Alergi makanan
    - luka di mulut
    - Pengobatan gigi
    - Stress
    - terlampaui lelah

    bagi sebahagian agung pasien, abses kuis Herpes Simplex tipe-1 kemungkinan cuma memunculkan singkat kesukaran nyeri, melainkan faktor ini sanggup berakibat fatal kepada :

    - pasien kelainan system daya tahan contohnya( AIDS)
    - pesakit yg menjalani kemoterapi
    - pesakit yg menjalani terapi penyinaran
    - pesakit yg menjalani pencangkokan sumsum tulang.

    terhadap beberapa orang termuat, ketimbis terungkap di perkataan yg bertakaran agung dapat menggelisahi makan dan penyebaran virus ke otak mampu berakibat fatal.

    Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

    Apakah sunat sakit | Metode sunat modesn terkini

    hubungi Dokter | Chatting gratis

    ReplyDelete

Popular Posts