Saturday, December 6, 2014

Penyebab Nyeri Dada (GERD)

Penyebab nyeri2 pada tubuh kita yang sering kita rasakan akibat asam lambung naik, jangan heran banyak dokter sulit menjawab ini dengan pasti...masalah ini telah dibahas banyak ilmuwan, dan saya pernah membaca, pada the rome 3 criteria yaitu diskusi besar para ilmuwan utk pencernaan, tentang akibat dari nyeri2 tersebut. Banyak ilmuwan meyakini bahwa nyeri disebabkan oleh asam lambung yang mengiritasi dan menyentuh lapisan esofagus yang meradang. Namun ini yang menarik karena, lapisan esofagus diketahui tidak meradang. Kemudian, diketemukan kedekatan asumsi bahwa asam lambung dapat menstimulasi nyeri pada saraf didalam dinding esofagus tepat dibawah lapisan esofagus. Ada lagi nih pendapat lain dari sekelompok ilmuwan juga menemukan bahwa heartburn yang diprovokasi oleh asam lambung dalam esofagus menyebabkan kontraksi otot pada esofagus bagian bawah yang dapat menyebabkan rasa nyeri. Hal ini dikuatkan dengan masalah kontraksi epiphenomenon, yaitu, refluks asam menstimulasi saraf-saraf nyeri dan menyebabkan otot untuk berkontraksi.

Pendapat lainnya, Kadang kita heran dengan nyeri dada tanpa asam lambung yang naik, kadang nyelekit atau rasanya yang berpindah2 dan berbeda-beda, saya pernah membaca salah satu artikel peneliti masalah nyeri dada non-cardiac atau lebih tepatnya nyeri dada yang mirip akan nyeri dada angina (penyakit jantung)..dalam banyaknya bukti2 ilmiah yang dia paparkan, saya coba berikan kesimpulannya, penjelasan ini banyak tidak diketahui oleh dokter2, merujuk pada penyakit masalah lambung yaitu dyspepsia dan IBS yang merupakan penyakit yang diderita orang pada saat bersamaan. Suatu kelainan fungsional nyeri ini diperkirakan berakibat dari kelainan fungsional dari kerongkongan/esofagus, ini akibat fungsi abnormal/disfungsi dari saraf2 yg mengontrol organ2 pencernaan yang memiliki otot-otot salah satunya esophagus, kelainan yang ditekankan oleh peneliti ini adalah saraf sensor dan saraf motor, jadi intinya saraf2 tersebut salah dalam menafsirkan perintah2 sehingga menjadi abnormal, contohnya adalah perintah2 abnormal melalui saraf2 motor yang menyebabkan terjadinya kekejangan atau kontraksi otot sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Pendapat lainnya, Beberapa kelainan pada saluran percernaan terutama bagian atas dapat bermanifestasi sebagai keluhan nyeri, rasa tidak nyaman di daerah dada dan bahkan bisa juga timbul sesak.
Pelebaran lambung dengan berbagai sebab, akan menekan sekat rongga atas (diafragma) ke atas yang akan mempersempit rongga dada sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman terutama saat menarik nafas, nafas akan terasa pendek dan lama-lama akan terasa berat, akibatnya bisa terjadi kepanikan akibat terganggunya pernafasaan.

Jangan bingung dengan keluhan penyakit kita, karena ilmuwan juga bingung..daripada bingung mending kita ajeb2 saja...wakakkakaa...semoga semua sehat...Aamiin.
 
Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts