Thursday, December 4, 2014

Menghadapi Kecemasan

Saya ada kisah menarik yang merupakan titik balik kepercayaan diriku, awalnya pas saya kambuh, dokter memvonis saya jantung, dan direspin obat2 jantung, kemudian kedokter2 berikutnya dokter mengatakan jantung saya baik2 saja, dan selanjutnya saya divonis gerd, gastritis, psikosomatis dan cemas berlebih oleh prof kgeh..setiap kedokter saya diberikan obat ppi buat lambung dan xanax, tapi xanax tidak pernah saya minum..kemudian saya minta kedokter utk berhenti ppi, dan beliau memberikan saya tips2nya..ada kisah menarik disini saya setelah sakit selama 4 bulanan, saya coba kembali bermain futsal, baru berlari sebentar sekitar 10 menit tiba2 saya sesak nafas, dada kiri nyeri pas diatas jantung, dan keringat dingin, kaki lemas semua, dipikiranku saya merasa terkena serangan jantung, yg ada bayang2 almarhum adjie masaid, basuki..saya langsung merasa kena serangan jantung kemudian datanglah serangan panik, lengkaplah rasanya...dengan sisa2 logika yang saya miliki saya berpikir kalau saya teriak minta tolong saya membutuhkan waktu minimal satu jam utk sampai keRS terdekat, setahu saya pasti saya udah terlambat dan end karena biasanya harus cepat dapat pertolongan, kedua saya berpikir saya udah cek jantung beberapa kali dan dinyatakan sehat, tapi ada lagi pikiran lain adjie masaid juga sehat tapi bisa kena jantung, disini saya berpikir lagi, kalo saya minta tolong artinya saya sudah sugesti diri saya memiliki sakit jantung, dan kalau saya ditolong juga tetap bisa fatal karena sudah terlambat, antara nekat atau tidak, akhirnya saya ambil keputusan tidak minta tolong, kemudian saya jalan2 pelan2 keluar lapangan, trus jalan2 dan berusaha mengalihkan pikiran..akhirnya bisa saya lewati rasa panik yang luar biasa itu..besoknya saya kembali lagi main futsal dan sampai sekarang saya masih main futsal, kadang keberanian yang luar biasa adalah titik balik yang paling baik utk keluar dari penyakit ini.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, silahkan bergabung dengan group facebook yang saya kelola :

Indonesia: GERD Anxiety Indonesia (GAI) :
https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/

International: GERD/Acid Reflux :
https://www.facebook.com/groups/GAI.Support/

  1 comment:

  1. Saya terbangun dari tidur krn berdebar,dan dada penuh spt sesak,dibuat sendawa enakan dan hal ini terulang ketika tidur nyenyak dan jika siang sy jg srg sendawa,kira2 apakah sy jg gerd? Bgm menghilangkan berdebar ketika tidur dan sesak,sy sdh tidur dg bantal tumpuk 4,terimaksh sblmnya

    ReplyDelete

Popular Posts